nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Neymar, Barcelona Bayar Rp114 Miliar kepada sang Karyawan

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 12:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 14 51 1950361 soal-neymar-barcelona-bayar-rp114-miliar-kepada-sang-karyawan-EmcEyksiOz.jpg Neymar saat diperkenalkan sebagai pemain PSG. (Foto: AFP/Alain Jocard)

BARCELONA – Barcelona diwajibkan membayar klausul yang terhitung aneh terkait kepindahan Neymar Jr ke Paris Saint-Germain (PSG) pada bursa transfer musim panas 2017. Seperti diberitakan Calciomercato, Jumat (14/9/2018), Barcelona wajib menyerahkan 6,6 juta euro (Rp144 miliar) kepada sang karyawan yang bertugas sebagai pemandu bakat, Andre Cury.

Mengapa Barcelona harus membayar 6,6 juta euro kepada Cury di luar dari gaji yang sudah didapatkan pria asal Brasil tersebut? Begini ceritanya. Cury merupakan salah satu sosok yang berandil besar atas terealisasinya transfer Neymar ke Barcelona pada 2013.

Neymar Jr

(Neymar saat membela Barcelona pada 2016. Foto: AFP)

Sekadar informasi, Cury merupakan teman dekat dari ayah Neymar, yakni Neymar Sr. Meski berstatus sebagai pemandu bakat, namun Cury jadi penghubung antara pihak Neymar dan Barcelona saat itu.

BACA JUGA: Dybala Jadi Coutinho-nya Real Madrid?

Pada akhirnya Neymar diboyong Barcelona dari Santos pada bursa transfer musim panas 2013 seharga 88 juta euro. Atas ucapan terima kasih karena berhasil mengajak Neymar bergabung dengan Barcelona, Cury mendapatkan keistimewaan.

Dalam klausul kontrak Neymar tertulis, Cury akan menerima tiga persen tiap kali pesepakbola yang kini berusia 26 tahun itu berganti klub. Karena itu, ketika Neymar hengkang ke PSG pada 2017, Cury sempat menuntut haknya tersebut. Akan tetapi, Barcelona menolak karena berbagai alasan.

Neymar dan Kylian Mbappe Diyakini Tak Bakal Hengkang dari PSG

Meski begitu, setelah dibawa ke pengadilan, Barcelona kalah dan harus membayar 6,6 juta euro kepada Cury. Karena itu, Cury kecipratan rezeki yang sangat besar atas kepindahan Neymar dari Barcelona ke PSG.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini