nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendapatan Man City Tembus Rekor Rp9,7 Triliun

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 11:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 14 45 1950344 pendapatan-man-city-tembus-rekor-rp9-7-triliun-DIxE42nQcS.JPG Manchester City (Foto: Andrew Boyers/Reuters)

MANCHESTER – Klub kaya Inggris, Manchester City, mencatatkan rekor pendapatan senilai 500 juta poundsterling (setara Rp9,7 triliun) pada musim 2017-2018. Fakta tersebut terungkap dalam laporan keuangan tahunan yang dikeluarkan oleh klub milik Khaldoon al Mubarak itu.

City menjadi klub kedua di Liga Inggris yang mampu menembus rekor pendapatan 500 juta poundsterling, yang pertama tentu saja rival sedaerah mereka, Manchester United. The Citizens juga mencatat untung 10,4 juta poundsterling (setara Rp202 miliar).

Laporan keuangan tersebut menunjukkan kalau arus kas di Manchester City berjalan dengan sehat. Sebab, tim yang diasuh oleh Pep Guardiola itu sudah mencatatkan keuntungan selama empat tahun berturut-turut serta rasio beban gaji terhadap pendapatan hanya sebesar 52%.

Manchester City

(Baca juga: 5 Pembelian Terbaik Man City sejak Dikuasai Abu Dhabi, Nomor 1 Top Skor Sepanjang Sejarah)

Chairman Man City, Khaldoon al Mubarak, bangga dengan pencapaian tersebut. Meski demikian, perjalanan City untuk menjadi klub besar dan sehat secara keuangan masih jauh dari kata selesai.

“Perjalanan kami belum selesai dan masih banyak target untuk dicapai. Kami selalu berjuang untuk mendapatkan sesuatu yang lebih. Sebagian besar pembangunan yang terlihat saat ini adalah hasil dari strategi yang dirancang dengan hati-hati,” ucap Khaldoon al Mubarak, dinukil dari BBC, Jumat (14/9/2018).

Manchester City

Man City baru saja merayakan 10 tahun kepemilikan Abu Dhabi United Group pada awal September 2018. Sebagai catatan, pada musim 2007-2008, pendapatan mereka hanya 108 juta poundsterling (setara Rp2,1 miliar), kalah dari klub Turki Fenerbahce. Sekarang, pendapatan City hanya mampu dikalahkan Real Madrid, Barcelona, Bayern Munich, dan Manchester United.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini