Share

Soal Penutupan Bursa Transfer, Liga Inggris dan Italia Dijadikan Rujukan

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 06 51 1946782 soal-penutupan-bursa-transfer-liga-inggris-dan-italia-dijadikan-rujukan-hAHfqxIVLM.jpg Ronaldo didatangkan Juventus pada bursa transfer musim panas 2018. (Foto: Facebook Juventus)

NYON – Liga Inggris dan Liga Italia dijadikan rujukan soal waktu penutupan bursa transfer. Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) UEFA, Giorgio Marchetti, mengaku mendapat dorongan dari pelatih-pelatih top Eropa agar bursa transfer ditutup sebelum kompetisi resmi dimulai.

Terkhusus musim ini, Liga Inggris dan Italia membuat gebrakan. Dua liga elite Eropa itu menutup bursa transfer satu hari jelang kompetisi mereka bergulir. Liga Inggris menutup bursa transfer mereka pada Kamis 9 Agustus 2018.

10 Pemain dengan Gaji Fantastis di Liga Italia, Ronaldo Paling Besar

(Ronaldo pemain baru Juventus)

Sementara itu, Italia menutup bursa transfer di kompetisi mereka pada Jumat 17 Agustus 2018. Di luar kompetisi di atas, ambil contoh Liga Spanyol dan Liga Prancis tetap mengikuti peraturan terdahulu yakni baru menutup aktivitas transfer mereka pada Jumat 31 Agustus 2018.

BACA JUGA: UEFA Kaji Ulang Aturan Gol Tandang di Kompetisi Eropa

Padahal, Liga Spanyol sudah mulai bergulir pada Jumat 18 Agustus 2018. Sementara itu, Liga Prancis sudah mulai berlangsung satu pekan sebelumnya.

Operator Liga Inggris dan Italia menutup pasar transfer mereka lebih awal agar bisa fokus ke kompetisi tatkala gong sudah dibunyikan. Sebab, fokus mereka kerap kali terpecah di saat kompetisi sudah dimulai, namun klub-klub masih repot mengurusi jual-beli pemain.

11 Kiper dengan Harga Selangit, Alisson Becker Paling Mahal

(Kepa kiper anyar Chelsea)

β€œPara pelatih berpendapat harus ada jendela transfer yang terpadu dan bursa transfer harus ditutup sebelum kompetisi dimulai. Ide itu akan kami coba dan membuat mereka sejalan,” kata Marchetti mengutip dari Football Italia, Kamis (6/9/2018).

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini