nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Bintang Sepakbola Dunia yang Hampir Mentas di Liga Inggris, Nomor 1 Bukti Cinta kepada Klub

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 10:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 06 51 1946752 5-bintang-sepakbola-dunia-yang-hampir-mentas-di-liga-inggris-nomor-1-bukti-cinta-kepada-klub-BcOX97k9fk.jpg Ronaldinho pilih gabung Barcelona ketimbang Man United. (Foto: AFP/Paul Ellis)

LIGA Inggris bisa dibilang kompetisi paling elite di Eropa bahkan dunia saat ini. Penilaian itu berdasarkan tingginya level kompetisi yang ada di sana, plus bercokolnya pemain-pemain top di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Meski mendapatkan status elite tersebut, bukan berarti semua pemain mau berkiprah di sana. Ada beberapa pertimbangan yang membuat pesepakbola top enggan melanjutkan karier bersama klub-klub Inggris. Sebenarnya, negosiasi intens sudah dilakukan, namun si pemain tak jadi bergabung karena beberapa hal.

Berikut 5 bintang sepakbola dunia yang hampir mentas di Liga Inggris:

5. Ronaldinho (Manchester United)

Ronaldinho

(Ronaldinho (kiri) pilih gabung Barcelona)

Kejadian ini terjadi lebih dari satu dekade lalu, atau tepatnya pada 2003. Saat itu, manajemen Man United sudah melakukan pendekatan intens kepada Paris Saint-Germain (PSG) untuk mendatangkan Ronaldinho Gaucho.

Bisa dibilang, kesepakatan hanya tinggal menunggu waktu. Akan tetapi, tiba-tiba PSG membatalkan transfer Ronaldinho karena mendapat dorongan dari sang pemain. Saat itu, Ronaldinho mendapatkan penawaran untuk gabung Barcelona. Ronaldinho yang membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 2002, diajak bergabung oleh salah satu kandidat Presiden Barcelona pada 2003, Sandro Rosell.

Rosell berjanji akan mendatangkan Ronaldinho jika terpilih sebagai presiden Barcelona. Akan tetapi, meski pada akhirnya Joan Laporta yang terpilih sebagai presiden Barcelona saat itu, Ronaldinho tetap berlabuh di Estadio Camp Nou. Hal itu karena Ronaldinho ingin mengikuti jejak sukses pesepakbola asal Brasil di Barcelona seperti Romario Faria, Rivaldo dan Ronaldo Luiz.

4. Thomas Lemar (Liverpool)

Bersama Atletico Madrid, Thomas Lemar Kenakan Nomor Punggung 11

Sepeninggal Philippe Coutinho yang memilih gabung Barcelona, Liverpool coba membidik winger AS Monaco, Thomas Lemar. Secara posisi, baik Lemar dan Coutinho mentas di sisi yang sama, yakni winger kiri.

Akan tetapi, Lemar menilai gabung Liverpool tidak menjaminnya mentas sebagai starter. Sebab di sana ada Sadio Mane yang sangat baik menggantikan peran Coutinho. Karena itu, dengan alasan mencari menit tampil yang lebih banyak, Lemar memutuskan berlabuh di Atletico Madrid.

3. Nabil Fekir (Liverpool)

Nabil Fekir

(Foto: AFP)

Setelah Lemar menolak bergabung, Liverpool fokus membidik tanda tangan Fekir yang juga berasal dari Prancis. Bahkan, kesepakatan harga antara Liverpool dan Olympique Lyon selaku klub pemilik Fekir sudah tercapai.

Akan tetapi, Liverpool tidak jadi mendatangkan Fekir karena pesepakbola keturunan Aljazair itu didiagnosis mengalami masalah pada lututnya. Pada akhirnya, Liverpool memilih mendatangkan Xherdan Shaqiri dari Stoke City.

2. Kylian Mbappe (Arsenal)

Neymar dan Kylian Mbappe Diyakini Tak Bakal Hengkang dari PSG

Arsenal hampir mendapatkan Mbappe dari AS Monaco pada bursa transfer musim panas 2016. Saat itu, Mbappe dihadapkan pada dua pilihan, yakni menandatangani kontrak profesional bersama Monaco atau “bertaruh” dengan melanjutkan karier bersama Arsenal. Pada akhirnya Mbappe memilih bertahan bersama Monaco.

Keputusan yang terbukti tepat. Di musim 2016-2017 nama Mbappe bersinar dengan mengoleksi 26 gol dan 14 assist dari 44 pertandingan. Gol dan assist Mbappe mengantarkan Monaco menjadi jawara Liga Prancis dan melaju hingga semifinal Liga Champions 2016-2017. Bertahan di Monaco dan selanjutnya hengkang ke PSG, Mbappe kemudian mempersembahkan trofi Piala Dunia 2018 untuk warga Prancis.

1. Antoine Griezmann (Manchester United)

Gol Koke dan Griezmann Antar Kemenangan Atletico atas Sporting CP

Man United membutuhkan penyerang tajam untuk mengarungi musim 2017-2018. Sebelum mendatangkan Romelu Lukaku, pelatih Man United Jose Mourinho mendorong manajemen untuk mendaratkan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid. Saat itu, manajemen Man United siap menebus klausul lepas Grizou –sapaan akrab Griezmann– seharga 100 juta euro (Rp1,72 triliun).

Bahkan Griezmann menyebut peluangnya gabung Man United mencapai 70 persen saat itu. Akan tetapi, penyerang asal Prancis itu mengurungkan niatnya gabung Man United. Hal itu setelah Atletico dilarang belanja pemain pada bursa transfer musim panas 2017. Tidak ingin meninggalkan timnya dalam kondisi kesusahan, Griezmann memilih bertahan dan menjadi bintang di Estadio Wanda Metropolitano hingga saat ini.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini