nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gary Neville Beberkan Kunci Sukses Man City Era Guardiola

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 20:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 10 45 1934896 gary-neville-beberkan-kunci-sukses-man-city-era-guardiola-dw0rNmakcx.JPG Manchester City. (Foto: Reuters)

MANCHESTER – Mantan pemain Manchester United, Gary Neville, merasa telah mengetahui resep apa yang telah dilakukan oleh pelatih Manchester City, Josep Guardiola, sehingga dapat membuat tim berjuluk The Citizens itu sukses dalam dua musim terakhir. Khususnya di gelaran musim 2017-2018, dimana pelatih berpaspor Spanyol itu mampu membawa Man City keluar sebagai pemenang di Liga Inggris.

Menurut Neville, pembelian pemain-pemain muda berbakat menjadi kunci suksesnya Man City di musim yang lalu. Sejak Guardiola bergabung dengan rival Manchester United tersebut pada 2016-2017, Man City memang langsung merombak para pemainnya.

Baca Juga: Mourinho Percaya Diri Hadapi Liga Inggris 2018-2019

Nama-nama pemain Man City yang dinilai sudah cukup berumur telah “ditendang” dari Etihad Stadium untuk digantikan dengan pemain yang lebih muda dan memiliki skill yang tak kalah dengan skuad sebelumnya. Pemain-pemain yang masuk dalam rencana Guardiola itu adalah Bacary Sagna, Gael Clichy, Aleksandar Kolarov, dan yang pemain baru saja dilepaskan, Joe Hart.

Neville pun percaya bahwa dengan memiliki pemain-pemain yang berusia jauh lebih muda dan berbakat, maka Man City akan semakin kuat dalam beberapa musim ke depan. Bahkan, Neville percaya bahwa dalam tiga atau empat musim lagi Man City akan semakin sulit untuk dikalahkan.

“Jika Anda melihat tim itu (Man City) pada dua atau tiga musim yang lalu, maka Anda akan melihat Joe Hart, Vincent Kompany, Fernandinho, dan Sergio Aguero. Anda pasti akan bertanya-tanya apakah mereka akan tua bersama (di Man City),” kata Neville, seperti disadur dari Manchester Evening News, Jumat (10/8/2018).

“Akan tetapi, tiba-tiba ketika Anda melihat kembali skuad sekarang, maka Anda akan melihat pemain-pemain yang sedang berada di usia yang matang. Hanya dalam waktu 12 hingga 18 bulan (tiga jendela transfer yang dilalui), apa yang sudah dilakukan Guardiola di sistem pengrekrutan adalah mampu membuat skuad dengan berisikan pemain yang matang. Skuad itu dapat bertahan hingga untuk tiga atau empat musim ke depan,” tutupnya.

(RNR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini