nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain yang Cetak Gol di Final Piala Dunia dan Liga Champions, Nomor 1 Paling Baru

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 17 Juli 2018 11:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 17 51 1923372 5-pemain-yang-cetak-gol-di-final-piala-dunia-dan-liga-champions-nomor-1-paling-baru-LRK8PgO0I8.jpg Mandzukic saat hendak cetak gol ke gawang Prancis. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

TAMPIL di final Liga Champions dan Piala Dunia merupakan impian semua pesepakbola di muka bumi ini. Jangankan tampil di partai puncak, kesempatan mentas di ajang tersebut pun tidak akan disia-siakan setiap pesepakbola.

Karena itu, setiap pesepakbola pasti tampil matian-matian saat mendapat kesempatan tampil di kedua ajang tersebut. Bahkan, ada lima pemain yang tampil luar biasa, yakni mampu mencetak gol di final Piala Dunia dan Liga Champions. Siapa saja?

Berikut 5 pemain yang cetak gol di final Piala Dunia dan Liga Champions, mengutip dari Sportskeeda:

5. Zoltan Czibor

Zoltan Czibor

(Foto: Sportskeeda)

Pesepakbola legenda asal Hungaria, Zoltan Czibor, jadi salah satu yang mencetak gol di partai puncak Piala Dunia dan Liga Champions. Akan tetapi, tiap kali Czibor mencetak gol, tim yang dibela selalu mengalami kekalahan.

Czibor mencetak satu gol saat Hungaria dikalahkan Jerman Barat 2-3 di final Piala Dunia 1954. Kemudian, pria yang mengembuskan nafas terakhir pada 1997 itu mengemas satu gol saat memperkuat Barcelona di final Piala Champions 1960-1961. Akan tetapi, sama seperti Hungaria, Barcelona harus takluk 2-3 dari Benfica selaku tim jawara.

4. Ferenc Puskas

Puskas

(Foto: Sportskeeda)

Sama seperti Czibor, Puskas merupakan generasi emas yang pernah dimiliki Hungaria. Pernah dalam kurun 1950-1956, Hungaria meraih 42 menang, tujuh imbang dan hanya satu kalah dari 50 pertandingan. Akan tetapi, satu-satunya kekalahan itu didapat Hungaria dari Jerman Barat di final Piala Dunia 1954.

Dalam kekalahan 2-3 itu, Puskas mencetak gol pembuka Magical Magyars –julukan Hungaria. Kemudian, Puskas mencetak gol di final Piala Champions 1959-160 saat Madrid menundukkan Eintracht Frankfurt 7-3. Tidak tanggung-tanggung, Puskas mencetak empat gol di laga tersebut!

3. Gerd Muller

Gerd Muller

(Foto: AFP)

Muller bisa dibilang lebih hebat ketimbang Czibor maupun Puskas. Sebab, Der Bomber –julukan Muller– mencetak gol di dua edisi final Liga Champions. Muller mencetak dua gol saat Bayern Munich mengalahkan Atletico Madrid 4-0 di final Liga Champions 1973-1974.

Kemudian, Muller juga mengemas satu gol saat Die Roten –julukan Bayern– menundukkan Leeds United 2-0 di partai puncak edisi 1974-1975. Sementara itu di Piala Dunia, Muller mencetak satu bola saat Jerman menundukkan Belanda 2-1 di final Piala Dunia 1974.

2. Zinedine Zidane

ZINEDINE ZIDANE

(Foto: Sportskeeda)

Zidane kebalikannya dari Muller. Zizou –sapaan akrab Zidane– mencetak gol di dua edisi Piala Dunia. Pria yang baru mengundurkan diri dari jabatan pelatih Real Madrid itu mencetak gol di final Piala Dunia 1998 dan 2006. Pada 1998, Zidane mencetak dua gol lewat tandukan kepalanya, sehingga Prancis menang 3-0 atas Brasil.

Kemudian di final Piala Dunia 2006, Zidane mencetak satu gol via titik putih di waktu normal saat Prancis berhadapan dengan Italia. Akan tetapi, Prancis takluk di laga tersebut karena kalah via babak adu penalti. Sementara di Liga Champions, Zidane mencetak satu gol saat Madrid menumbangkan Bayer Leverkusen 2-1 di partai puncak 2001-2002.

1. Mario Mandzukic

Bekuk Kroasia 4-2, Prancis Juara Piala Dunia 2018

Mandzukic jadi pesepakbola terbaru yang mencetak gol di final Liga Champions dan Piala Dunia. Penyerang bertubuh jangkung itu mencetak gol spektakuler saat Juventus bersua Madrid di final Liga Champions 2016-2017. Akan tetapi, pada laga tersebut Juventus takluk 1-4 dari Madrid.

Kemudian di final Piala Dunia, Mandzukic mencetak satu gol saat Kroasia tumbang 2-4 dari Prancis di edisi 2018. Bisa dibilang, nasib Mandukic saat seperti Czibor. Tiap kali mencetak gol, tim yang dibela selalu mengalami kekalahan.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini