3 Penyebab Inggris Kalah dari Kroasia di Semifinal Piala Dunia 2018, Nomor 1 Paling Krusial

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 14:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 12 51 1921387 3-penyebab-inggris-kalah-dari-kroasia-di-semifinal-piala-dunia-2018-nomor-1-paling-krusial-yE7MpwefpZ.jpg Langkah Timnas Inggris terhenti di semifinal Piala Dunia 2018. (Foto: REUTERS/Darren Staples)

TIM Nasional (Timnas) Inggris gagal melangkah ke final Piala Dunia 2018. Hal itu setelah The Three Lions –julukan Timnas Inggris– takluk 1-2 dari Kroasia pada babak semifinal Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB.

Jika melihat permainan yang ditunjukkan Kroasia di laga dini hari tadi, tidak heran tim asuhan Zlatco Dalic sanggup menundukkan Inggris. Mereka mendominasi pertandingan hingga 55 persen dan melepaskan tujuh shot on target, berbanding dua milik Inggris.

Meski begitu, dominasi Kroasia dapat ditanggulangi, asalkan Inggris tidak melakukan beberapa kesalahan. Kesalahan apa saja yang dibuat tim asuhan Gareth Southgate di laga tadi?

Berikut 3 penyebab Inggris kalah dari Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018:

3. Gagal Manfaatkan Peluang di Babak Pertama

Harry Kane

(Foto: REUTERS)

Inggris mendapatkan dua peluang matang di babak pertama. Penyerang Timnas Inggris, Harry Kane, sempat tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Kroasia, Danijel Subasic. Di percobaan pertama, sepakan Kane dapat ditepis Subasic. Bola liar sebenarnya kembali ke arah Kane, namun sepakan yang dilepaskan penyerang berusia 24 tahun itu hanya membentur tiang gawang bagian bawah.

Begitu juga dengan peluang yang didapat Jesse Lingard. Winger Manchester United itu melepaskan sepakan dari kotak penalti kecil. Akan tetapi, tendangannya mengarah ke tengah gawang, sehingga si kulit bulat dapat diantisipasi Subasic. Andai saja dua peluang itu berbuah menjadi gol, mungkin Inggris yang akan lolos ke final Piala Dunia 2018.

2. Bek Terlihat Kurang Pengalaman

John Stones

(Foto: REUTERS)

Dua gol yang dicetak Kroasia menunjukkan bek-bek Inggris kurang memiliki pengalaman tampil di fase krusial. Gol pertama Kroasia yang dicetak Ivan Perisic pada menit 68 memperlihatkan kecerobohan Kyle Walker yang mencoba menyapu bola dengan kepalanya. Akan tetapi, sebelum bola disundul Walker, si kulit bulat lebih dulu disambar Perisic.

Selanjutnya pada gol kedua yang dicetak Mario Mandzukic pada menit 105, memperlihatkan ketidaksiapan John Stones dan Harry Maguire. Stones tidak menduga bahwa Perisic melepaskan umpan terobosan yang diarahkan kepada Mandzukic. Tanpa pengawalan, sepakan Mandzukic membobol gawang Inggris kawalan Jordan Pickford.

1. Kalah Pengalaman

Singkirkan Inggris di Semifinal, Kroasia Menantang Prancis di Final Piala Dunia 2018

Membicarakan tampil di babak tambahan Piala Dunia 2018, Kroasia jauh lebih unggul ketimbang Inggris. Sebab pada dua laga sebelumnya di fase gugur atau saat bertemu Denmark dan Rusia, Kroasia memenangi pertandingan setelah melewati 120 menit, plus adu penalti.

Di saat yang bersamaan, skuad Inggris di Piala Dunia 2018 baru satu kali merasakan tampil selama 120 menit pertandingan. Secara stamina, fisik pemain Inggris jelas lebih baik ketimbang Kroasia. Akan tetapi, mental Kroasia lebih berbicara. Pada akhirnya, gol kemenangan Kroasia dicetak Mandzukic pada menit 109 atau masa perpanjangan waktu.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini