nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bagaimana Formasi Juventus Setelah Kedatangan Cristiano Ronaldo?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 15:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 12 47 1921433 bagaimana-formasi-juventus-setelah-kedatangan-cristiano-ronaldo-EX2ekf98hd.jpg Ronaldo saat membobol gawang Juventus pada Liga Champions 2013-2014. (Foto: AFP/Dani Pozo)

TURIN – Cristiano Ronaldo didatangkan Juventus dari Real Madrid seharga 100 juta euro (Rp1,68 triliun). Selain itu, Juventus juga memberikan 12 juta euro (Rp202 miliar) tambahan kepada klub terdahulu Ronaldo, Manchester United dan Sporting Lisbon. Sekarang yang jadi pertanyaan, pola apa yang digunakan pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, seiring kehadiran Ronaldo?

Diyakini, pelatih berusia 50 tahun itu tetap akan menggunakan dua pola andalannya, yakni 4-3-3 dan 4-2-3-1. Lantas yang jadi pertanyaan, di manakah Ronaldo akan beroperasi dalam pola tersebut?

Real Madrid Menang 5-2 Saat Jamu Real Sosiedad, Ronaldo Cetak 3 Gol

Dalam pola 4-3-3, Ronaldo kemungkinan besar akan ditempatkan sebagai penyerang tengah. Pesepakbola berusia 33 tahun itu akan diapit dua winger Juventus, Paulo Dybala/Douglas Costa dan Mario Mandzukic.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Datang, Manajemen Juventus Naikkan Harga Tiket

Sementara itu dalam pola 4-2-3-1, Ronaldo akan beroperasi sebagai winger kiri sekaligus menyokong pergerakan penyerang tunggal Mario Mandzukic. Kenapa Mandzukic yang dipilih Allegri sebagai ujung tombak ketimbang Gonzalo Higuain?

Kehadiran Ronaldo berpotensi berefek negatif bagi masa depan El Pipita –julukan Higuain– di Allianz Stadium. Penyerang berpaspor Argentina itu akan terdepak seiring kedatangan Ronaldo. Jika tidak ada aral melintang, Higuain akan diboyong Chelsea seharga 60 juta euro (Rp1 triliun).

Higuain Dkk Latihan Bersama Jelang Laga Kontra Real Madrid

Higuain harus dijual Juventus untuk menyeimbang neraca keuangan mereka setelah mendatangkan Ronaldo. Apalagi sebelum kedatangan Ronaldo, Higuain berstatus sebagai pemain dengan gaji tertinggi di Juventus, yakni 7,5 juta euro (Rp126 miliar) per tahun.

Berikut prakiraan formasi yang digunakan Juventus:

4-2-3-1: Szczesny; Cancelo, Chiellini, Benatia, Sandro; Pjanic, Khedira, Cuadrado, Dybala, Ronaldo, Mandzukic.

4-3-3: Szczesny; Cancelo, Chiellini, Benatia, Sandro; Pjanic, Emre Can Khedira; Dybala, Mandzukic, Ronaldo.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini