Pelatih Kroasia Beberkan Cara Tundukkan Inggris di Semifinal Piala Dunia 2018

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 13:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 12 350 1921326 pelatih-kroasia-beberkan-cara-tundukkan-inggris-di-semifinal-piala-dunia-2018-MNsN6IWrBE.jpg Timnas Kroasia (Foto: Reuters)

MOSKOW – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Kroasia, Zlatko Dalic, membeberkan taktik yang digunakan untuk menaklukkan Inggris dengan skor akhir 2-1 di semifinal Piala Dunia 2018. Pada laga yang digelar di Stadion Luzhniki, Kamis (12/7/2018), dini hari WIB itu, Kroasia memang tampil luar biasa dengan meraih kemenangan pada babak tambahan waktu.

Sebagaimana diketahui, laga yang mempertemukan Kroasia kontra Inggris itu akan berjalan dengan sulit. Terlebih lagi, kedua tim memiliki pemain-pemain yang memiliki kualitas hampir sama. Perbedaan antara kedua tim itu terletak pada sisi pengalaman, di mana Kroasia memiliki nilai lebih pada hal tersebut.

Ivan Perisic (Foto: Reuters)

Keseruan pada laga semifinal itu telah terlihat sedari babak pertama dimulai, di mana Inggris telah mampu ungul terlebih dahulu pada menit kelima melalui gol dari Kieran Trippier. Pemain Tottenham Hotspur itu mampu membuat gol dengan memanfaatkan situasi tendangan bebas, yang diawali pelanggaran Luka Modric kepada Harry Kane.

BACA JUGA: Pelatih Kroasia Tegaskan Siap Hadapi Final Piala Dunia 2018

Akan tetapi, pada babak kedua Kroasia mampu tampil lebih baik dengan mengurung pertahanan Inggris. Gol penyeimbang pun hadir melalui kaki Ivan Perisic yang dapat memanfaatkan umpan lambung dari sisi kanan pertahanan Inggris dengan baik.

Momen Gol Timnas Kroasia (Foto: Reuters)

Setelah gol itu tercipta, kedudukan imbang tidak berubah hingga pertandingan berlanjut ke babak tambahan waktu. Pada babak tambahan waktu, gol kemenangan Kroasia dicetak Mario Mandzukic melalui tendangannya pada menit ke-109.

Menurut Dalic kunci kesuksesan tim asuhannya untuk membalikkan keadaan ialah dengan mematikan peran dari Jordan Henderson dan John Stones. Hal itu dilakukan dengan melakukan tekanan tingkat tinggi di daerah pertahanan Inggris.

“Kami tahu apa yang akan mereka (Inggris) lakukan dan di mana. Kami bermain dengan tekanan tinggi di lini belakang mereka. Kami menutup Stones dan Henderson. Kami meminimalkan peran mereka. Selama istirahat, saya bicara kepada para pemain ‘dengan tengan mengoper bola, jangan kehilangan ketenangan,” tandas Dalic, seperti yang diwartakan Thenational, Kamis (12/7/2018).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini