Bungkam Inggris, Kroasia Melaju ke Final Piala Dunia 2018

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 03:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 12 350 1921180 bungkam-inggris-kroasia-melaju-ke-final-piala-dunia-2018-vNzsKzDW2V.jpg Inggris vs Kroasia (Foto: REUTERS)

MOSKOW – Timnas Inggris melakoni pertandingan babak semifinal Piala Dunia 2018 dengan melawan Kroasia di Stadion Luzhniki pada Kamis (12/7/2018) dini hari WIB. Meski tampil menyerang, Inggris harus mengakui kemenangan lawannya, Kroasia, dengan skor akhir 1-2 usai melalui 120 menit jalannya laga.

Dengan kemenangan ini, Kroasia pun berhak lolos ke babak final Piala Dunia 2018. Di partai puncak, Kroasia bakal berhadapan dengan Prancis yang di laga sebelumnya mengalahkan Belgia. Sementara Inggris bakal melakoni satu lagi laga dalam perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2018 melawan Belgia pada akhir pekan ini.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Inggris langsung tampil menekan pertahanan Kroasia pada awal-awal babak pertama pertandingan ini. Bahkan mereka mampu unggul pada menit ketujuh usai sepakan bebas Trippier meluncur tanpa mampu dibendung Subasic. Kroasia 0-1 Inggris.

Tersentak dengan gol cepat Inggris, membuat Kroasia semakin gencar memberikan serangan. Alhasil sebuah peluang emas dari aksi Rebic mampu mereka dapatkan. Tapi sayang sepakan keras Rebic tersebut masih belum tepat sasaran.

Inggris sejatinya mampu menggandakan keunggulan mereka melalui gol dari Kane pada menit 22. Akan tetapi gol Kane harus dianulir wasit lantaran penyerang Tottenham Hotspur tersebut sudah lebih dahulu berada di posisi offside.

Inggris vs Kroasia

Memasuki menit 32, Kroasia kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa menyamakan kedudukan. Memanfaatkan kemampuannya melepaskan sepakan keras, Rebic kembali memberikan ancaman ke gawang Inggris. Namun Pickford masih cukup tangguh untuk menghentikan aksi Rebic tersebut.

Memasuki lima menit jelang turun minum, Kroasia masih terus mencoba untuk membongkar pertahanan Inggris. Akan tetapi sejumlah upaya mereka tersebut masih belum mampu membuahkan hasil positif.

Di pengujung laga, Kroasia lagi-lagi gagal memaksimalkan peluang emas mereka jadi gol. Kali ini sepakan Modric yang masih mampu diamankan barisan belakang Inggris. hingga 45 menit pertama berakhir, Inggris masih mampu menjaga keunggulan 1-0 atas Kroasia.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol, membuat Kroasia langsung tampil menekan di awal-awal babak kedua laga melawan Inggris ini. Bahkan mereka nyaris bisa menyamakan kedudukan melalui aksi dari Mandzukic. Tapi sepakan Mandzukic masih mampu diamankan barisan belakang Inggris.

Tak berselang lama, giliran Inggris yang memberikan ancaman ke pertahanan Kroasia melalui aksi dari Kane. Mampu menyisir sisi kanan pertahanan Kroasia, Kane menyudahi aksinya itu dengan sebuah tembakan. Tapi tembakan Kane masih belum tepat sasaran.

Upaya Kroasia untuk bisa menyamakan kedudukan akhirnya terbayarkan pada menit 68. Perisic sukses mencatatkan namanya di papan skor usai sepakannya yang memanfaatkan umpan silang dari Vrsaljko tak mampu digapai Pickford. Kroasia 1-1 Inggris.

Inggris vs Kroasia

Keberhasilan Kroasia menyamakan kedudukan membuat tempo pertandingan ini menjadi semakin tinggi. Kedua tim saling berbalas serangan demi bisa mendapatkan gol, namun upaya Kroasia atau pun Inggris masih belum membuahkan hasil positif.

Memasuki menit 80, Kroasia kembali mendapatkan kesempatan emas untuk bisa berbalik unggul atas Inggris. Berawal dari umpan terobosan Modric, Rebic yang mendapatkan bola langsung melepaskan sepakan. Tapi lagi-lagi Pickford keluar sebagai penyelamat Inggris dengan aksinya.

Di pengujung babak kedua, Lovren coba melepaskan sepakan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun tembakannya belum tepat sasaran. 90 menit laga berakhir, kedudukan 1-1 masih menghiasi papan skor laga Kroasia kontra Inggris. Dengan begini laga ini pun harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Babak Tambahan

Pada babak tambahan pertama, Inggris langsung mengambil inisiatif serangan. Bahkan mereka hampir saja kembali unggul atas Kroasia melalui tandukkan dari Stones usai memaksimalkan umpan silang dari Alli. Tapi sundulannya masih mampu dihalau oleh Pivaric.

Pada menit 103, Inggriss kembali mengancam pertahanan Kroasia melalui aksi dari Rashford. Memanfaatkan umpan silang Rose, Rashford coba menyambutnya dengan sundulan. Tapi Lovren dengan sigap memotong umpan silang dari Rose tersebut.

Di pengujung babak tambahan pertama, Kroasia nyaris membuat pendukung Inggris terdiam melalui aksinya. Menerima umpan matang dari Perisic, Mandzukic melepaskan sepakan first time. Tapi Pickford masih mampu menghalau aksi Mandzukic tersebut.

Inggris vs Kroasia

Empat menit babak tambahan kedua dimulai, Kroasia akhirnya mampu berbalik unggul atas Inggris melalui gol dari Mandzukic. Mandzukic yang lolos dari perangkap offside, berhasil melepaskan sepakan kaki kanan yang tanpa mampu dihadang oleh Pickford. Kroasia 2-1 Inggris.

Mampu berbalik unggul membuat Kroasia sedikit mengendurkan serangan mereka ke pertahanan Inggris. Hal tersebut terbukti dengan lebih banyaknya para pemain Kroasia mengalirkan bola di area pertahanan mereka sendiri.

Semenit jelang babak tambahan kedua berakhir, Kramaric nyaris saja memperbesar keunggulan Kroasia atas Inggris jadi 3-1. Akan tetapi tembakan yang dilepaskan pemain TSG Hoffenheim tersebut masih menyamping di sisi kiri gawang Inggris.

Hingga peluit ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan ini, tidak ada lagi gol tambahan yang dicetak oleh kedua tim. Inggris pun harus mengakui kemenangan lawannya, Kroasia, dengan skor akhir 1-2.

Susunan Pemain

Kroasia (4-1-4-1): Subasic; Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic (Pivaric 96’); Brozovic; Rebic (Kramaric 101’), Modric (Badelj 120’), Rakitic, Perisic; Mandzukic (Corluka 116’).

Pelatih: Zlatko Dalic

Inggris (3-4-1-2): Pickford; Walker (Vardy 115’), Stones, Maguire; Henderson (Dier 97’); Trippier, Lingard, Alli, Young (Rose 93’); Sterling (Rashford 76’), Kane.

Pelatih: Gareth Southgate

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini