Ini yang Bikin PSIS Kalah dari Persib

Oris Riswan, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 05:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 09 49 1919700 ini-yang-bikin-psis-kalah-dari-persib-eR0tkC1ZUI.jpg Pelatih PSIS Semarang, Vincenzo Annese (Foto: Oris Riswan/Okezone)

BANDUNG - Pelatih PSIS Semarang, Vincenzo Alberto Annese mengungkap penyebab kekalahan 0-1 timnya dari Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu 8 Juli 2018 malam WIB.

Penyebab pertama, PSIS bermain tanpa gelandang andalannya, Ibrahim Conteh. Sang pemain terpaksa absen karena terkena akumulasi kartu kuning.

"Kami datang dengan jumlah gelandang (tanpa Conteh). Jadi kami berusaha beradaptasi dengan situasi ini," ujar Annese.

Penyebab kedua, penuhnya stadion oleh Bobotoh membuat para pemain PSIS sempat demam panggung. Mereka kaget dengan dukungan luar biasa Bobotoh untuk Persib. Bahkan, Annese juga turut merasa kaget.

Baca juga Gomez Sebut Persib Bisa Kalahkan PSIS Lebih dari 1-0

"Di babak pertama, pemain kami sedikit takut karena bermain di hadapan suporter, karena bermain di sini di depan 35-40 ribu orang. Itu tidak mudah, termasuk saya yang kaget pertama kali datang ke sini," ungkapnya.

Bagi pemainnya, bermain dengan kehadiran suporter sebanyak itu adalah hal aneh. Apalagi, pemain saat ini mayoritas adalah pemain PSIS musim lalu yang bermain di Liga 2.

"Pemain kami sebelumnya mungkin belum pernah bermain di depan orang sebanyak itu. Mereka musim lalu bermain di dividi dua, tadi empat sampai lima pemain musim lalu main di Liga 2," tutur Annese.

Meski begitu, secara perlahan PSIS mampu memberikan perlawanan sengit. Bahkan, di babak kedua, PSIS bisa merepotkan pertahanan Persib. Tapi, berbagai upaya dan peluang yang ada tak satu pun mampu dikonversi menjadi gol karena buruknya penyelesaian akhir.

Di sisi lain, Annese juga kecewa dengan keluarnya Petar Planic pada menit 12 karena cedera usai berbenturan dengan Ezechiel Ndouassel. Alhasil, sekira 80 menit PSIS bermain dengan hanya satu pemain asing yaitu Bruno Silva.

Pelatih PSIS, Annese (Foto: Oris Riswan/Okezone)

Ia pun membandingkan permainan Persib yang mengandalkan duet Ezechiel-Jonathan Bauman di lini depan. Sedangkan PSIS menyerang dengan kolektif.

Bahkan, jika dibandingkan dari segi komposisi pemain, Persib jelas lebih unggul karena memainkan empat pemain asingnya. Apalagi, pemain lokal Persib juga punya kualitas mumpuni.

Ia bangga dengan semangat juang dan kolektivitas anak asuhnya. Ia bahkan memuji timnya lebih baik dari Persib meski secara hasil timnya harus menuai kekecewaan.

"Persib bermain dengan empat sampai lima pemain asing, empat pemain asing plus satu naturalisasi, dan kami hanya bermain dengan Bruno (sejak menit 12). Jujur, saya melihat PSIS lebih baik dari Persib hari ini dan sayangnya kami tidak bisa membawa poin minimal dari sini," tutup Annese.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini