Samsul Arif Cetak Quattrick, Barito Putra Taklukkan Mitra Kukar 4-3

Bambang Ir, Jurnalis · Sabtu 07 Juli 2018 06:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 07 49 1919157 samsul-arif-cetak-quattrick-barito-putra-taklukkan-mitra-kukar-4-3-JZ7xqxdaf7.jpg Mitra Kukar vs Barito Putera (Foto: Bambang Ir/Okezone)

KUTAI KARTANEGARA – Mitra Kukar gagal memanfaatkan keuntungan laga kandang pada pekan ke-14 Liga 1 2018. Menjamu Barito Putra di Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang, Jumat 6 Juli 2018 sore, tim berjuluk Naga Mekes ini takluk dengan skor 3-4.

Samsul Arif tampil sebagai pahlawan yang memberikan kemenangan bagi Barito Putra. Pemain bernomor punggung sembilan ini memborong empat gol alias quattrick yakni di menit 35, 65, 82 dan 89. Sedangkan tiga gol Mitra Kukar disumbangkan tiga legiun asingnya yakni Mauricio Leal (menit 15), Fernando Ortega (17) dan Danny Guthrie (90+5)

Permainan Mitra Kukar sebenarnya tidak terlalu buruk, laga baru berjalan 17 menit, anak asuh Rafael Berges Marin ini sudah unggul 2-0. Namun skuad Barito Putra yang memiliki mental bertanding bagus berhasil membalikan keadaan menjadi 3-4.

Bermain dalam tempo sedang di babak pertama, Barito Putra yangmengandalkan Samsul Arif di lini depan berinisiatif melakukan serangan. Satu peluang didapat Douglas Ricardo Packer yang melakukan tendangan bebas namun hanya menyamping dari gawang Mitra Kukar.

Mitra Kukar berusaha keluar dari tekanan, satu tendangan dari Arif Suyono dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap kiper Barito Putra Aditya Harlan. Upaya Mitra Kukar membuahkan hasil, di menit 15 satu sundulan dari Mauricio Leal yang menyambut tendangan pojok Hendra Adi Bayau berhasil menggetarkan gawang Barito Putra.

Berselang dua menit, Stadion Aji Imbut kembali bergemuruh dengan gol yang dihasilkan Fernando Rodriques yang beraksi dengan memanfaatkan kelengahan pemain belakang Barito yang baru dikagetkan dengan gol pertama Mitra Kukar.

Unggul 2-0 tak membuat Hendra Adi Bayau dan kawan-kawan menjadi puas, mereka terus berusaha menekan lini pertahanan Barito Putra yang dikawal bek Timnas Indonesia, Hansamu Yama.

Terlalu asik menyerang, Barito Putra yang diarsiteki Jacken F Tiago ini, berhasil membalas melalui kaki Samsul arif memanfaatkan umpan silang Rizki Pora. Hingga babak pertama berakhir, skor sementara 2-1 untuk kemenangan Mitra Kukar.

Di babak kedua, Barito berupaya untuk menyamakan kedudukan dengan mengurung rapat lini pertahanan Mitra Kukar, namun upaya mereka berhasil digagalkan lini belakang Mitra yang dikomando Mauricio Leal.

Petaka hadir di menit 65, Samsul Arif berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah berhasil menanduk bola memanfaatkan umpan dari sisi kanan, kiper Mitra Kukar Geri Mandagi tak mampu menahan derasnya bola sundulan Samsul Arif.

Usai menyamakan kedudukan, tim berjuluk Laskar Antasari ini semakin bersemangat untuk mengejar kemenangan. Kembali Samsul Arif membobol gawang Mitra Kukar melalui sundulan di menit 82. Sehingga skor berubah menjadi 2-3, Barito memimpin untuk sementara.

Berselang 7 menit kemudian, Samsil Arif menutup gol keempatnya melalui tendangan voli yang cantik di menit 89 hingga skor menjadi 4-2.

Mitra Kukar mempertipis ketertinggalannya melalui tendangam bebas Danny Gutrie di menit-menit akhir. Hingga peluit panjang ditiupkan tanda berakhirnya babak kedua, Barito Putra unggul dengan skor 4-3 atas Mitra Kukar.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini