Penyebab Nigeria Tak Diberi Penalti Ke-2 di Laga Kontra Argentina

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 27 Juni 2018 16:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 27 350 1914746 penyebab-nigeria-tak-diberi-penalti-ke-2-di-laga-kontra-argentina-ifQJAa1dDN.jpg Pemain Timnas Nigeria melakukan selebrasi (Foto: Reuters)

SAINT PETERSBURG – Terjadi sebuah kontroversi di pertandingan antara Argentina kontra Nigeria dalam lanjutan babak penyisihan Grup D Piala Dunia 2018. Pasalnya, dalam laga tersebut, wasit tak memberikan Nigeria penalti kedua kala Marcos Rojo melakukan handball di dalam kotak penalti Argentina.

Pada saat insiden itu terjadi, skor pertandingan masih 1-1. Sehingga apabila Nigeria mendapat hadiah penalti kedua dan mampu memanfaatkannya dengan baik, mereka akan unggul. Akan tetapi, wasit nyatanya tak memberikan penalti tersebut. Lebih parahnya, Argentina kemudian mencetak gol yang membuat Nigeria tumbang 1-2.

(Baca juga: Tertutup Berita Messi, Higuain Tetap Puji Gol Marcos Rojo)

Hal tersebut kemudian sempat mendapat kritik dari pemain Nigeria, John Obi Mikel. Bahkan, sebagian besar masyarakat pun mempertanyakannya karena Rojo sangat jelas tertangkap kamera melakukan handball. Wasit pun mengiyakan hal tersebut bahwa bola memang mengenai tangan Rojo.

Berdasarkan aturan yang diberlakukan FIFA, ada lima hal yang harus diperhatikan wasit sebelum menentukan seorang pemain melakukan handball atau tidak. Salah satu dari aturan tersebut adalah pemain dinyatakan handball jika tangan yang mendatangi bola, bukan bola yang mendatangi tangan.

Marcos Rojo

Dalam kasus Rojo tersebut, wasit melihat bahwa bola yang mendatangi tangan Rojo. Pasalnya, sebelum menyentuh tangan Rojo, bola lebih dulu mengenai kepala si pemain. Jadi, meskipun tangan Rojo dalam kondisi ‘aktif,’ namun wasit melihatnya sebagai sebuah ketidaksengajaan karena bola telah lebih dulu disundul si pemain dan kemudian baru mengenai tangannya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini