Alasan Southgate Tetap Mainkan Dele Alli saat Lawan Tunisia di Piala Dunia 2018

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 19 Juni 2018 17:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 19 350 1911652 alasan-southgate-tetap-mainkan-dele-alli-saat-lawan-tunisia-di-piala-dunia-2018-IuX130bTXL.jpg Gareth Southgate dan Dele Alli. (Foto: Reuters)

MOSKOW – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate, membeberkan alasannya tetap memainkan Dele Alli, di laga kontra Tunisia pada Selasa (19/6/2018) dini hari WIB, meski kondisinya tak prima. Menurut Southgate, keputusan ini diambil karena Alli sendiri mengaku keadaannya baik-baik saja.

Dengan kondisi ini, Southgate mengaku tidak bisa memaksa Alli untuk berada di bangku cadangan. Terlebih, Alli terus menunjukkan penampilan yang gemilang pada laga perdana Inggris di Piala Dunia 2018 tersebut. Gelandang berusia 22 tahun itu terus memberikan perlawanan yang berarti kepada Tunisia.

Dele Alli

(Dele Alli. Foto: Reuters)

Tentu saja, kondisi ini tak mau disia-siakan Southgate begitu saja. Karena itu, ia pun memutuskan untuk tetap memainkan Alli, terlebih sang pemain merasa dirinya dalam kondisi yang fit saat melakoni laga tersebut.

BACA JUGA: Dele Alli Harap Segera Pulih agar Kembali Perkuat Inggris di Piala Dunia 2018

Meski begitu, Southgate tak memercayai betul perkataan Alli. Ia tetap memantau kondisi Alli selama pertandingan babak kedua berlangsung. Hingga akhirnya, pelatih berusia 47 tahun itu pun benar-benar menarik penggawa Tottenham Hotspur itu pada menit ke-80.

Timnas Inggris

(Timnas Inggris. Foto: Reuters)

“Kami terus memantau Dele (Alli) selama pertandingan. Dia mengalami sedikit masalah sebelum turun minum, tetapi dia merasa bisa melanjutkan. Saya pikir dia bisa memberikan tekanan yang berarti terhadap Tunisia, jadi saya pun memperbolehkannya,” ujar Southgate, sebagaimana dikutip dari Goal, Selasa (19/6/2018).

"Dia memiliki banyak peluang dan terus memainkan bola-bola indah bersama Jordan Henderson. Tetapi, kami memiliki pilihan bagus di bangku cadangan. Ada Marcus (Rashford) dan Ruben (Loftus-Cheek) yang membawa energi dan bisa menghadirkan ancaman berbeda,” tukasnya.

(Ram)

Berita Terkait

Piala Dunia 2018

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini