Xavi Kritik Kebijakan Madrid Umumkan Lopetegui sebagai Pelatih Baru

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 14 Juni 2018 14:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 14 51 1910388 xavi-kritik-kebijakan-madrid-umumkan-lopetegui-sebagai-pelatih-baru-fQggFSqY1L.jpg Xavi Hernandez dan istrinya (Foto: AFP)

KRASNODAR – Real Madrid secara resmi mengumumkan pelatih baru mereka, Julen Lopetegui, hanya tiga hari sebelum gelaran Piala Dunia 2018. Hal tersebut dinilai mantan kapten Barcelona, Xavi Hernandez, sebagai sebuah kesalahan, karena pada saat itu Lopetegui masih menjabat sebagai pelatih kepala Tim Nasional (Timnas) Spanyol.

Tak ayal, selang sehari setelah pengumuman tersebut, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF), melalui presiden mereka, Luis Rubiales, memproklamirkan bahwa Lopetegui dipecat dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Spanyol. Pasalnya, RFEF menilai kalau Lopetegui tidak memiliki rasa hormat karena membuat keputusan secara mendadak.

(Baca juga: Paulinho Sebut Spanyol Tetap Favorit meski Tanpa Lopetegui)

Julen Lopetegui

RFEF kemudian menunjuk legenda Madrid, Fernando Hierro, sebagai pelatih sementara Timnas Spanyol hingga gelaran Piala Dunia 2018 selesai. Xavi pun mendukung langkah Rubiales tersebut. Meski disebutnya Rubiales mengambil risiko terlalu besar, namun Xavi sepakat bahwa federasi (RFEF) harus lebih tinggi dari kepentingan individu.

“Saya bukanlah orang yang membicarakan itu (Lopetegui bergabung dengan Madrid). Tetapi, itu (pengumuman Lopetegui sebagai pelatih baru Madrid) tidak berada di momen yang paling ideal atau tepat,” ungkap Xavi, menukil dari Goal, Kamis (14/6/2018).

Ramos, Lopetegui, Iniesta

“Keputuan Lopetegui nampaknya terlalu dini, tidak terduga, dan tergesa-gesa, sebuah kejutan bagi semua orang. Saya pikir Rubiales telah bereaksi dengan sangat baik. Dia melihat federasi, yang harus selalu berada di atas individu,” tandas pria yang mengantarkan Timnas Spanyol juara Piala Dunia 2010 itu.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini