5 Alasan Argentina Akan Juara Piala Dunia 2018, Nomor 3 Modal Utama

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 14 Juni 2018 08:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 13 51 1910243 5-alasan-argentina-akan-juara-piala-dunia-2018-nomor-3-modal-utama-BSgFmiwPEs.jpg Timnas Argentina berlatih (Foto: Reuters)

TIM Nasional (Timnas) Argentina merupakan salah satu negara yang dijagokan untuk menjadi juara dalam gelaran Piala Dunia 2018. Meski begitu, langkah Argentina untuk memperoleh titel tersebut jelas tak mudah, mengingat banyaknya tim-tim tangguh yang muncul dalam perhelatan kali ini.

Kendati demikian, Timnas Argentina nyatanya memiliki sejumlah faktor yang bisa menjadi kunci mereka meraih sukses dalam edisi Piala Dunia kali ini. Meski pada edisi sebelumnya Argentina hanya menempati posisi runner-up, namun kans Argentina tetap terbuka cukup lebar. Berikut adalah lima alasan Argentina akan juara Piala Dunia 2018.

5. Barisan Penyerang Kelas Dunia

Messi, Dybala, Aguero

Tak bisa dimungkiri kalau Timnas Argentina memiliki barisan penyerang paling mematikan dalam gelaran Piala Dunia 2018. Sebut saja nama-nama seperti Gonzalo Higuain, Sergio Aguero, Lionel Messi, Angel Di Maria, hingga Paulo Dybala, yang dibawa Jorge Sampaoli untuk menjadi juru gedor skuadnya.

Karena terlalu banyaknya pemain hebat di barisan penyerang Timnas Argentina, nama Mauro Icardi yang menjadi top skor Liga Italia 2017-2018 bahkan sampai tersingkir dari skuad besutan Sampaoli ini. Dibandingkan dengan barisan penyerang negara lain, para penyerang Timnas Argentina dapat dikatakan lebih berbahaya. Karena selain kualitas, mereka juga telah memiliki pengalaman.

4. Tuah Lionel Messi

Lionel Messi

Argentina patut bersyukur karena memiliki Lionel Messi di dalam skuadnya. Tentu bukan rahasia lagi kalau kehadiran salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepakbola itu mampu mengubah jalannya pertandingan. Baik di level klub maupun tim nasional, Messi selalu bisa menghadirkan keajaiban bagi tim yang dibelanya.

Contoh nyata dari tuah Lionel Messi terjadi pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Conmebol. Saat itu Messi mencetak tiga gol dan membawa Argentina menang 3-1 atas Ekuador di laga terakhir kualifikasi. Saat itu nasib Argentina sebenarnya berada di ujung tanduk, karena apabila mereka gagal menang, maka mereka tak bisa tampil di Piala Dunia 2018.

3. Konsisten

Timnas Argentina

Meski sepanjang sejarahnya Argentina baru dua kali menjadi juara dunia, namun Albiceleste merupakan salah satu negara yang tampil paling konsisten di setiap gelaran Piala Dunia. Fakta membuktikan bahwa selama ini tim-tim yang menjadi juara dunia, biasanya mereka yang tampil konsisten, seperti Jerman, Brasil, dan Italia.

Jarang ada tim yang semula tidak begitu dikenal lalu secara mendadak menjadi juara dunia. Maka dari itu, Argentina pun berpeluang melanjutkan tradisi tersebut. Terlebih lagi, dalam tiga edisi terakhir, Argentina selalu mampu menembus setidaknya hingga babak perempatfinal.

2. Pengaruh Jorge Sampaoli

Jorge Sampaoli

Pelatih Timnas Argentina, Jorge Sampaoli, merupakan salah satu sosok yang mampu menyelamatkan Albiceleste dari keterpurukan. Di tengah krisis, yang sedang menimpa sepakbola Argentina, Sampaoli pada akhirnya mampu membawa mereka lolos kulifikasi zona Conmebol dan tampil di Piala Dunia 2018.

Dapat dikatakan, Sampaoli merupakan salah satu pelatih terbaik yang ada saat ini. Sampaoli sendiri kerap membawa tim yang diasuhnya memenangkan kejuaraan. Kala mengasuh Timnas Cile, ia mampu mebawa Arturo Vidal dan kolega menjadi juara Copa America. Begitu pun saat menangani Sevilla dan memenangkan trofi Liga Eropa.

1. Hilangnya Beban sebagai Tim Unggulan

Timnas Argentina

Meski Timnas Argentina masih kerap dijagokan untuk menjadi juara dunia 2018, namun tak bisa dimungkiri kalau saat ini Albiceleste bukanlah unggulan utama. Meski Argentina dihuni para pemain bintang dan memiliki sejarah yang bagus, namun faktanya mereka kerap tampil buruk di babak kualifikasi. Tak ayal, kemampuan Argentina pun diragukan.

Kendati demikian, hal tersebut justru dinilai akan membuat Argentina tampil lebih lepas dan bermain lebih baik karena hilangnya beban di pundak mereka sebagai favorit juara. Tidak diunggulkan bisa menjadi faktor penentu bagi Argentina untuk memenangkan kejuaraan.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini