nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Alasan Lopetegui Cocok Latih Madrid, Nomor 2 Faktor Terkuat

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 13:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 13 46 1910015 4-alasan-lopetegui-cocok-latih-madrid-nomor-2-faktor-terkuat-btXfvAyLRB.jpg Julen Lopetegui. (Foto: Sportskeeda)

REAL Madrid akhirnya telah menemukan pelatih baru yang bakal menjadi pengganti Zinedine Zidane. Tim berjuluk Los Blancos itu resmi menunjuk Julen Lopetegui sebagai pelatih baru pada musim depan.

Lopetegui sendiri sebenarnya kini masih menyandang status sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Spanyol. Karena itu, pelatih berusia 51 tahun tersebut baru akan resmi menyandang status sebagai pelatih Madrid usai gelaran Piala Dunia 2018.

Tentu saja, ada berbagai alasan yang membuat Madrid akhirnya menunjuk Lopetegui sebagai suksesor Zidane. Kali ini, Okezone akan membahas alasan-alasan yang melatarbelakangi keputusan tersebut. Sebagaimana dikutip dari Sportskeeda, Rabu (13/6/2018), berikut empat alasan Lopetegui dianggap cocok melatih Madrid.

1. Akar Spanyol untuk Madrid

Pengalaman Lopetegui melatih Timnas Spanyol diyakini dapat menjadi modal besar untuk melatih Madrid. Sebab, Lopetegui bakal memahami dengan baik akar dari setiap pemain sepakbola Negeri Matador yang banyak bergabung di klub-klub Liga Spanyol.

Timnas Spanyol

(Foto: Sportskeeda)

Tak hanya itu, kehadiran Lopetegui pun diyakini dapat membantu Los Blancos dalam berburu pemain-pemain hebat. Kredibilitasnya sebagai pelatih dipercaya dapat mendaratkan beberapa pemain bintang.

Bagi Madrid sendiri, memiliki pelatih berpaspor Spanyol menjadi hal yang penting. Selain lebih memahami seluk-beluk tim-tim di Spanyol, keberadaan mereka juga dipercaya dapat membuat persaingan lebih berwarna. Apalagi, 17 dari 20 tim yang tampil di Liga Spanyol 2017-2018 memiliki pelatih yang berasal dari Negeri Matador. Hanya Madrid, Atletico Madrid, dan Deportivo La Coruna yang memiliki pelatih di luar Spanyol pada musim 2017-2018.

2. Taktik

Lopetegui dinilai memiliki kemampuan yang lebih baik dari Zidane dalam mengelola tim. Sebab, pelatih berusia 51 tahun itu dikenal sebagai ahli taktik. Hal tersebut telah dibuktikan dengan ketangguhan Timnas Spanyol di bawah asuhan Lopetegui.

Zinedine Zidane

(Foto: Sportskeeda)

Kondisi ini berbanding terbalik dengan Zidane. Pelatih berkepala Plontos itu bukanlah manajer yang taktis. Ketimbang taktik, Zidane lebih mengandalkan persiapan mental dengan terus memotivasi para pemainnya agar menjadi lebih baik lagi.

Dengan begitu, Madrid pun dipercaya bakal semakin berjaya saat diasuh oleh Lopetegui. Madrid pun percaya diri bisa mengalahkan rival abadi mereka, yakni Barcelona, pada musim depan.

3. Masa Depan Isco

Kedatangan Lopetegui diyakini akan memberikan pengaruh positif yang besar terhadap Madrid. Tak hanya membuat skuad menjadi lebih kuat, penunjukan Lopetegui juga dipercaya dapat mengubah tekad beberapa pemain Madrid yang berencana hengkang pada musim panas ini.

Isco

(Foto: Sportskeeda)

Salah satu pemain yang santer dikabarkan bakal meninggalkan Santiago Bernabeu adalah Isco. Ia memiliki tekad yang kuat untuk meninggalkan Madrid karena kecewa dengan minimnya waktu bermain pada musim lalu.

Madrid sendiri berharap Isco takkan benar-benar melakukan rencananya. Sebab, dengan bakat yang luar biasa, ia menjadi salah satu pemain penting di skuad Los Blancos. Kemampuannya dapat dibuktikan saat dirinya memperkuat Timnas Spanyol. Karena itu, kehadiran Lopetegui yang notabene merupakan pelatih Timnas Spanyol diyakini dapat mengubah keputusan Isco.

4. Menghindari Tekanan Pelatih Berkelas

Sejak Zidane memutuskan mengundurkan diri, publik ragu Madrid bakal memiliki pemain dengan kelas yang sama. Tetapi akhirnya, Madrid pun menunjuk Lopetegui sebagai suksesor pelatih berpaspor Prancis tersebut.

Julen Lopetegui

(Foto: Sportskeeda)

Lopetegui sendiri bukanlah manajer yang terkenal di dunia. Publik pun tak mengetahui secara jelas kemampuannya dalam memanajeri sebuah tim. Tetapi, alasan inilah yang membuat Madrid yakin memilih Lopetegui.

Dengan menunjuk pelatih bertaraf sedang, publik tidak akan menaruh harapan yang terlalu tinggi. Lopetegui pun diyakini tidak akan mendapat tekanan seperti manajer lain yang lebih terkenal. Dengan begitu, Madrid telah melewati risiko besar dari penunjukan seorang manajer berkelas.

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini