nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Julen Lopetegui Ternyata Pernah Jadi Pemain Madrid

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 08:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 13 46 1909924 julen-lopetegui-ternyata-pernah-jadi-pemain-madrid-w9tt1mOr2X.jpg Lopetegui pelatih Madrid musim depan. (Foto: REUTERS)

MADRID – Real Madrid resmi menunjuk Julen Lopetegui sebagai pelatih mereka pada Selasa 12 Juni 2018 malam WIB. Pelatih berusia 51 tahun itu dikontrak manajemen Los Blancos –julukan Madrid– selama tiga tahun. Lopetegui yang saat ini berstatus sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Spanyol, akan menanggalkan jabatan tersebut usai gelaran Piala Dunia 2018.

Ternyata, hubungan antara Lopetegui dan Madrid bukanlah hal baru. Lopetegui tercatat pernah berstatus sebagai pemain Madrid Castilla (Tim B Madrid). Saat itu, Lopetegui didatangkan dari Las Palmas pada bursa transfer musim panas 1989, atau ketika usianya baru menginjak 22 tahun.

Meski berstatus sebagai pemain Madrid Castilla, nama Lopetegui beberapa kali disertakan di skuad senior Madrid. Bahkan, Lopetegui tercatat membawa tim senior Madrid menjuarai Liga Spanyol 1989-1990. Meski begitu, selama namanya tercantum di tim senior Madrid, Lopetegui hanya satu kali membela klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu.

BACA JUGA: Pencapaian Pelatih Baru Madrid Julen Lopetegui sebagai Juru Taktik

Hal itu terjadi saat Madrid bermain 3-3 kontra Atletico Madrid di Estadio Vicente Calderon, pada pekan 37 Liga Spanyol 1989-1990. Tahu tidak memiliki karier yang baik bersama Madrid, Lopetegui sempat mencoba peruntungan di klub lain seperti Logrones, Barcelona dan Rayo Vallecano.

Julen Lopetegui

(Lopetegui saat menjadi kiper Madrid. Foto: Marca)

Pada akhirnya, Lopetegui memutuskan pensiun sebagai pemain bareng Vallecano di akhir musim 2002-2003. Setelah itu, selama dua tahun (2006-2008), Lopetegui kembali bersinggungan bersama Madrid dengan menjabat sebagai manajer tim pemandu bakat.

Julen Lopetegui

(Lopetegui saat memimpin latihan Timnas Spanyol. Foto: AFP)

Kemudian, tahu memiliki naluri sebagai pelatih, Lopetegui menjajal menjadi juru taktik Madrid Castilla pada 2008-2009, hingga akhirnya mengantarkan pelatih berusia 51 tahun itu meraih kesuksesan bersama Timnas Spanyol U-19 dan U-21.

Bersama skuad Spanyol senior, Lopetegui juga terhitung sukses. Dari 20 pertandingan, Isco Alarcon dan kawan-kawan dibawanya meraih 14 menang dan enam imbang. Akan tetapi, jalan takdir membuat Lopetegui kembali ke Santiago Bernabeu musim depan.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini