nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zidane Telah Lama Putuskan Mundur dari Madrid

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 02:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 11 46 1909175 zidane-telah-lama-putuskan-mundur-dari-madrid-pV69OykmSn.jpg Zinedine Zidane (Foto: AFP)

MADRID – Legenda Real Madrid, Michel Salgado, menyatakan bahwa Zinedine Zidane telah lama memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pelatih Los Blancos –julukan Madrid. Hal itu dikarenakan melatih tim sebesar Madrid membutuhkan kesiapan mental yang kuat, sehingga rawan akan tingkat stres yang tinggi.

Sebagaimana diketahui, Madrid merupakan salah satu raksasa sepakbola dunia, yang selalu menuntut hadirnya trofi tiap musimnya. Hal itu tentu menjadi tantangan tersendiri bagi tiap pelatih yang membesut Madrid.

Zinedine Zidane (Foto: Reuters)

Sebelum Zidane datang, Madrid pernah diasuh beberapa pelatih yang memiliki nama besar, seperti Jose Mourinho, Carlo Ancelotti, ataupun Rafael Benitez. Akan tetapi, ketiga nama besar itu tidaklah mundur seperti yang Zidane lakukan, melainkan dipecat oleh manajemen Madrid karena dianggap gagal menghadirkan prestasi.

BACA JUGA: Messi Sebut Guardiola dan Enrique Punya Level yang Sama di Barcelona

Terutama untuk Benitez yang hanya membesut Madrid selama setengah musim saja sebelum digantikan Zidane. Hal itu menunjukkan bahwa melatih Madrid merupakan salah satu hal tersulit untuk dilakukan sebagai seorang ahli taktik.

Zinedine Zidane (Foto: Reuters)

Akan tetapi, Zidane mampu melakukannya dengan baik termasuk menghadirkan tiga gelar Liga Champions secara berturut-turut. Salgado beranggapan Zidane telah mempersiapkan diri untuk mundur dari jabatannya sebelum musim berakhir atau sebelum laga final Liga Champions.

Zidane dinilai Salgado ingin mengambil rehat selama satu atau dua tahun sebelum kembali melatih kembali. Hal itu dilakukan Zidane untuk mengembalikan mentalnya usai melatih Madrid dalam kurun waktu 2,5 musim. Keputusan yang Zidane ambil itu, sama seperti yang pernah dilakukan Pep Guardiola saat memutuskan mundur dari Barcelona untuk rehat sejenak dari dunia sepakbola.

“Segalanya terjadi sangat cepat dan mungkin saja dia (Zidane) mengalami stres dan kelelahan sehingga membutuhkan rehat sejenak. Itu bukanlah keputusan yang baru dibuatnya, melainkan beberapa bulan yang lalu. Dia tidak mengambil keputusan itu usai memenangkan Liga Champions, yang bukan merupakan gayanya,” tandas Salgado, seperti diwartakan Marca, Selasa (12/6/2018).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini