nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Menarik soal Pencapaian Mario Gomez Bersama Persib

Oris Riswan, Jurnalis · Minggu 10 Juni 2018 06:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 10 49 1908824 fakta-menarik-soal-pencapaian-mario-gomez-bersama-persib-Ldcoz4zI4E.jpg Pelatih Persib, Mario Gomez (Foto: Oris Riswan/Okezone)

BANDUNG - Pelatih Persib Bandung Mario Gomez mendapat pujian banyak pihak setelah timnya mampu mengalahkan PSMS Medan dengan skor 3-0 di Medan beberapa hari lalu.

Ada fakta menarik dibalik pencapaian tersebut. Pelatih PSMS Djadjang 'Djanur' Nurdjaman ternyata jadi satu-satunya pelatih lokal yang mampu dikalahkan Gomez di Liga 1 2018.

Catatan Okezone, Persib sudah menghadapi lima tim yang ditangani pelatih lokal. Hasilnya, empat laga dilalui tanpa kemenangan.

Di awal musim, Persib sebenarnya tampil tanpa dipimpin Gomez dari pinggir lapangan. Saat itu, Gomez berada di Argentina karena menemani istrinya yang sedang sakit.

Dua laga pun dilalui tanpa Gomez. Persib dipimpin oleh Fernando Soler. Soler sendiri saat itu diklaim sebagai asisten pelatih. Tapi, belakangan statusnya diperjelas. Soler hanya berstatus sebagai interpreter alias penerjemah.

Baca juga Pekerjaan Rumah Persib Selama Masa Libur

Dua laga awal Persib di Liga 1 adalah melawan PS Tira di Bandung dan Sriwijaya FC di Palembang. Meski berada di Argentina, Gomez tetap memegang kontrol atas tim. Strategi dan instruksi diberikan Gomez secara jarak jauh.

Hasilnya, Persib bermain 1-1 melawan PS Tira yang saat itu ditangani pelatih Rudi Eka Priyambada. Sedangkan melawan Sriwijaya FC yang dilatih Rahmad Darmawan, Persib kalah 1-3.

Tim yang dilatih pelatih lokal berikutnya adalah Arema FC. Saat itu, Persib bermain di Malang. Arema sendiri terpaksa dipimpin Milan Petrovic yang saat itu berstatus asisten pelatih. Tapi, kendali strategi tetap ada dibawah arahan Joko Susilo.

Hasilnya, duel Arema vs Persib berakhir 2-2. Laga sendiri diakhiri lebih cepat beberapa menit. Itu karena terjadi kerusuhan suporter. Aremania merangsek ke lapangan sebelum laga usai. Laga pun diputuskan diakhiri. Skor 2-2 ditetapkan sebagai hasil akhir.

Mario Gomez (Foto: Oris Riswan)

Tim yang dipimpin pelatih lokal berikutnya adalah Bali United. Dipimpin Widodo Cahyono Putro dari pinggir lapangan, Bali United menahan imbang Persib di Bali dengan skor 0-0.

Rekor tak pernah menang Mario Gomez atas pelatih lokal baru berakhir saat dijamu PSMS. Kemenangan telak 3-0 seolah jadi pembuktian kapasitas Gomez.

Sementara untuk tim yang diarsiteki pelatih asing, Persib sudah menghadapinya sebanyak enam kali. Dari enam kali itu, empat berakhir kemenangan dan dua kali kalah.

Kemenangan diraih atas Mitra Kukar yang dilatih Rafael Berges. Bermain sebagai tuan rumah, Persib saat itu mengakhiri laga dengan skor 2-0.

Berikutnya, bermain di Bandung, Persib menang 3-1 atas Borneo FC yang dilatih Dejan Antonic. Saat melawan Madura United yang dilatih Milomir Seslija, Persib takluk 1-2 di Bangkalan, Madura.

Superioritas Gomez atas pelatih asing terlihat saat mengalahkan dua tim besar di Bandung. Melawan Persipura Jayapura yang dilatih Peter Butler, 'Maung Bandung' menang 2-0. Saat melawan PSM Makassar yang dilatih Robert Rene Alberts, Persib menang meyakinkan 3-0.

Tapi, Gomez kembali dikalahkan pelatih asing. Saat melawan Bhayangkara FC yang dilatih Simon McMenemy, Persib takluk 0-1. Kekalahan itu terasa sangat menyakitkan karena Persib berstatus sebagai tuan rumah.

Berikut ini daftar lengkap hasil pertandingan Persib:

1. Persib vs PS TIRA 1-1 (PS Tira dilatih Rudy Eka Priyambada)

2. Sriwijaya FC vs Persib 3-1 (Sriwijaya FC dilatih Rahmad Darmawan)

3. Persib vs Mitra Kukar 2-0 (Mitra Kukar dilatih Rafael Berges)

4. Arema FC vs Persib 2-2 (Arema dilatih Joko Susilo, tapi Joko absen dan digantikan asisten Milan Petrovic)

5. Persib vs Borneo FC 3-1 (Borneo FC dilatih Dejan Antonic)

6. Madura United vs Persib 2-1 (Madura United saat itu dilatih Milomir Seslija)

7. Persib vs Persipura 2-0 (Persipura dilatih Peter Butler)

8. Persib vs PSM Makassar 3-0 (PSM dilatih Robert Rene Alberts)

9. Bali United vs Persib 0-0 (Bali United dilatih Widodo Cahyono Putro)

10. Persib vs Bhayangkara FC 0-1 (Bhayangkara FC dilatih Simon McMenemy)

11. PSMS Medan vs Persib 0-3 (PSMS dilatih Djadjang Nurdjaman)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini