Pekerjaan Rumah Persib Selama Masa Libur

Oris Riswan, Jurnalis · Minggu 10 Juni 2018 05:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 10 49 1908822 pekerjaan-rumah-persib-selama-masa-libur-x2oaRm4piX.jpg Persib Bandung (Foto: ANTARA)

BANDUNG - Skuad Persib Bandung sudah diliburkan sejak beberapa hari lalu. Total, mereka memiliki masa libur selama dua pekan sebelum kembali berlatih pada 19 Juni mendatang.

Pelatih Mario Gomez yang saat ini sedang berada di Argentina untuk berlibur pun memberikan pekerjaan rumah bagi para pemain. Mereka tetap harus menjalankan program yang sudah disusun tim pelatih meski sedang libur.

"Ya, kita telah melakukan komunikasi untuk tetap menjaga kondisi pemain selama masa liburan. Selama saya di sini, nanti ada Yaya (pelatih fisik) yang akan menjalankan semuanya," kata Gomez dilansir laman resmi klub.

Ia sengaja memberikan program yang harus dijalankan pemain demi menjaga kebugaran mereka. Selama libur, jangan sampai kondisi fisik mereka justru drop.

Baca juga Rahmad Darmawan Puji Kiper Barito Putera

Apalagi, saat kembali berlatih nanti, Persib akan langsung dipersiapkan untuk menghadapi super big match kontra Persija Jakarta yang dijadwalkan digelar 30 Juni.

"Ada beberapa pekerjaan berat menanti setelah ini. Salah satunya adalah match dengan Persija. Saya tahu, semua yang ada di tim ini sangat profesional dan mereka mengerti dengan apa yang harus dipersiapkan," ungkapnya.

Pelatih fisik Yaya Sunarya memberi penjelasan soal program latihan selama libur. Meski pemain diberi jatah libur dua pekan, bukan berarti selama dua pekan itu mereka terlepas dari latihan.

"Setelah pulang dari Medan, tanggal 6 Juni mereka kita liburkan selama seminggu. Sebetulnya, mereka kita liburkan sampai tanggal 10 Juni, tidak total sampai tanggal 19," ucapnya.

"Jadi, sehari sebelum Idul Fitri kita beri PR itu untuk berlatih sendiri sampai pada tanggal 18 Juni," jelas Yaya.

Yaya pun akan berusaha mengontrol para pemainnya agar masing-masing menjalankan program latihan yang sudah dirancang. Sehingga, saat kembali berlatih bersama, seluruh pemain sudah dalam kondisi siap.

Persib Bandung (Foto: Oris Riswan)

"Jadi, tanggal 19 itu coach (Gomez) menginginkan langsung berlatih dan ingin semuanya siap dan tidak melakukan adaptasi lagi. Jadi, tidak memulai lagi dari bawah, coach ingin langsung seratus persen," tutur Yaya.

Sementara itu, dokter tim Rafi Ghani juga sudah mengingatkan pemain agar menjaga pola makan selama libur Ramadan dan setelah Idul Fitri. Semua asupan makanan harus seimbang. Pola istirahat mereka juga harus terjaga dengan baik.

"Saya sudah mengingatkan pemain supaya tetap menjaga pola makannya. Saat Idul Fitri terutama, asupan karbohidrat, protein, dan lemak harus seimbang," ujar Rafi.

Hal itu sengaja dilakukan untuk mengejar kondisi fisik ideal seperti yang diharapkan Mario Gomez saat pemain berkumpul lagi.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini