5 Gol Michael Essien Bersama Persib Bandung

Oris Riswan, Jurnalis · Jum'at 08 Juni 2018 02:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 08 49 1908038 lima-gol-michael-essien-bersama-persib-bandung-mCWj6aLBZT.jpg Michael Essien (Foto: ANTARA)

BANDUNG - Michael Essien sudah resmi meninggalkan Persib Bandung setelah kontraknya diakhiri lebih cepat. Essien sendiri tidak mendapatkan tempat di skuad 'Maung Bandung' karena dibekap cedera lutut.

Posisi 'Si Bison' di tim pun digantikan Jonathan Bauman. Hal itu sesuai keinginan dan skema pelatih Mario Gomez.

Setelah tidak lagi di Persib, Essien akan dikenang oleh Bobotoh. Sebab, Essien merupakan pemain dengan status paling hebat yang pernah memperkuat Persib.

Essien pernah bermain untuk klub besar Eropa seperti Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan. Tapi, pemain yang mengenakan nomor punggung 5 di Persib itu sama sekali tidak memiliki sikap angkuh.

Ia menempatkan diri sejajar dengan para pemain Persib. Ia bahkan menjadi mentor dan role model bagi para pemain muda Persib. Profesionalitasnya sebagai pemain patut ditiru.

Essien juga akan dikenang akan berbagai tingkah jahil, konyol, dan kocaknya. Sedangkan di mata Bobotoh, ia akan dikenang sebagai pemain yang ramah. Ia jarang menolak permintaan berfoto bareng atau tanda tangan.

Tapi, di luar berbagai kenangan itu, ada kontribusi Essien yang tak akan terlupakan. Kontribusi itu salah satunya adalah gol yang diciptakan ke gawang lawan.

Okezone merangkum lima gol yang dicetak Essien bersama Persib di Liga 1 2017. Beberapa di antaranya bahkan merupakan gol krusial untuk tim. Berikut daftar gol Essien:

1. Gol perdana ke gawang PS TNI

Essien menciptakan gol perdananya untuk Persib ke gawang PS TNI. Itu terjadi saat Persib bertandang ke Stadion Pakansari yang merupakan kandang PS TNI. Pertandingan sendiri berlangsung pada 22 April 2017.

Saat itu, Essien mencetak gol melalui sundulan berkelasnya pada menit 49 setelah memanfaatkan umpan sepak pojok Kim Kurniawan. Gol kedua kemudian lahir melalui sepakan Atep.

Sialnya, gol perdana Essien itu tidak membuat Persib menang. PS TNI justru mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 yang bertahan hingga laga usai.

2. Penentu kemenangan lawan Persipura

Gol kedua Essien diciptakan ke gawang tim berjuluk 'Mutiara Hitam' saat bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 5 Mei 2017. Saat itu, Essien menjadi eksekutor penalti.

Tampil sebagai algojo, Essien memperlihatkan kematangannya. Dengan tenang, ia melepas sepakan keras yang tidak bisa diantisipasi kiper Yoo Jae Hoon. Gol itu menjadi satu-satunya dalam laga tersebut. Persib pun keluar sebagai pemenang.

3. Kembali jebol gawang PS TNI

PS TNI, sekarang bernama PS TIRA, menjadi satu-satunya tim yang dibobol dua kali oleh Essien. Dalam pertemuan kedua Persib dengan PS TNI di Stadion Si Jalak Harupat, 5 Agustus 2017, Essien lagi-lagi mencetak gol melalui sundulan.

Satu golnya itu turut membantu kemenangan tim dengan skor akhir 3-1. Ia mendedikasikan kemenangan tim dan golnya untuk Ricko Andrean.

Ricko sendiri merupakan Bobotoh Persib. Ia meregang nyawa setelah terjadi kekerasan suporter di lokasi. Ricko diketahui berusaha melerai perkelahian suporter. Sialnya, Ricko justru menjadi korban kekerasan.

Ricko sempat dirawat di rumah sakit. Tapi, nyawanya tidak tertolong. Meninggalnya Ricko pun saat itu menjadi duka bagi Persib dan Bobotoh.

4. Bawa Persib menang besar di Palembang

Bermain melawan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, 4 September 2017, Persib menang dengan skor telak 4-0. Salah satu gol dicetak Essien melalui sepakan keras di kotak penalti Sriwijaya FC.

5. Gol terakhir ke gawang tim juara

Gol terakhir yang diciptakan Essien adalah ke gawang Bhayangkara FC di Stadion Si Jalak Harupat, 24 September 2017. Berada di kotak penalti, ia sukses mengonvesi umpan silang Raphael Maitimo menjadi gol.

Gol itu membuat Persib terhindar dari kekalahan. Sebab, Bhayangkara FC unggul lebih dulu melalui gol yang diciptakan Paulo Sergio. Skor berakhir 1-1.

Sementara di luar lima gol itu, Essien juga pernah gagal. Itu terjadi saat Persib menjamu Borneo FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 20 Mei 2017.

Persib yang saat itu dalam kondisi unggul 2-1 mendapatkan penalti. Tapi, Essien gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor. Bola hasil tendangannya melambung dari sasaran.

Mirisnya, Persib justru akhirnya gagal memenangkan pertandingan. Sebab, Borneo FC akhirnya mampu menyamakan skor menjadi 2-2 yang bertahan hingga akhir laga.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini