Bos Persib Sebut Essien Kemungkinan Pensiun, Ini Alasannya

Oris Riswan, Jurnalis · Kamis 07 Juni 2018 07:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 07 49 1907571 bos-persib-sebut-essien-kemungkinan-pensiun-ini-alasannya-mNXaWH5Lmb.jpg Michael Essien (Foto: Oris Riswan/Okezone)

BANDUNG - Persib Bandung secara resmi sudah memutus kontrak Michael Essien terhitung pada Selasa 5 Juni 2018. Kedua pihak sepakat dan secara baik-baik mengakhiri kerjasama. Manajer Persib, Umuh Muchtar, menegaskan Essien kini memang sudah tidak lagi jadi bagian dari Persib. Dengan begitu, Essien bebas untuk melanjutkan kariernya.

Di Persib musim ini, nasib Essien memang tidak jelas. Ia berstatus pemain Persib, tapi tidak didaftarkan ke operator liga sebagai pemain Persib. Itu dikarenakan Essien 'dikorbankan' demi mendatangkan Jonathan Bauman. Secara otomatis, kuota pemain asing yang dimiliki Persib sudah penuh, yakni tiga pemain asing non-Asia dan satu pemain asing Asia.

(Baca juga: Kemenangan Penting Diraih Persib atas PSMS)

Faktor cedera jadi pertimbangan pelatih Mario Gomez tidak memakai jasa Essien. Ia berani mengambil keputusan besar memarkir Essien demi mendatangkan Bauman. Tapi, hasilnya tidak sia-sia. Bauman menjadi tandem yang klop bagi Ezechiel Ndouassel. Ia sudah mengoleksi lima gol dan mampu menciptakan beberapa assist.

Michael Essien

Umuh sendiri mengaku turut membantu proses penyelesaian kontrak Essien dengan PT PBB. Sebab, Essien masih memiliki durasi kontrak sekira satu tahun. Sebab, sejak awal Essien dikontrak untuk dua musim.

"Sudah (selesai kontrak Essien). Alhamdulillah dia kemarin lama di sini. Saya ikut bantu bagaimana supaya cepat selesai," kata Umuh di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Kamis (7/6/2018).

Keberadaan Essien sendiri di Persib musim ini memang cukup pelik. Cedera lutut yang membekapnya membuat Essien tidak bisa dimainkan dalam jangka waktu berbulan-bulan. Kalaupun sembuh, Essien belum tentu kembali ke performa terbaiknya bersama Persib seperti musim lalu. Ia bahkan sudah lama tidak berlatih.

"Kalau di sini juga kan main tidak, latihan tidak, badannya makin gemuk, buat apa (dipertahankan)," jelas Umuh.

Michael Essien

Meski begitu, Umuh memberi kode bahwa Essien tidak benar-benar rugi meninggalkan Persib. Sebab, selama ini ia mendapatkan kompensasi gaji meski tidak bermain.

"Lebih baik diselesaikan dan mereka (Essien) juga untung," ungkapnya.

Sementara setelah dilepas Persib, ke mana pelabuhan Essien selanjutnya? Umuh memberi sinyal kemungkinan pemain asal Ghana itu tidak akan kembali aktif sebagai pesepakbola. Essien kemungkinan akan pensiun dari lapangan hijau.

Selain faktor cedera, ada hal lain yang membuat Essien akan pensiun. Essien sudah memiliki banyak uang dari hasil bermain sepakbola selama ini. Apalagi, ia pernah bermain di beberapa klub besar Eropa seperti Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan.

"Saya rasa dia tidak akan main lagi, uangnya juga sudah ratusan miliar," ucap Umuh.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini