15 Gol Diciptakan Persib, Tak Satu pun Dicetak Pemain Lokal

Oris Riswan, Jurnalis · Senin 04 Juni 2018 09:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 04 49 1906126 15-gol-diciptakan-persib-tak-satu-pun-dicetak-pemain-lokal-KeBdO0YhLa.jpg Ezechiel N'Douassel (Foto: Antara)

BANDUNG - Persib Bandung sudah melalui 10 pertandingan di Liga 1 2018 dan mampu meraih empat kali kemenangan, tiga kali seri, dan sisanya mengalami kekalahan. Tim berjuluk Maung Bandung itu total mengoleksi 15 poin dan berada di posisi 10 klasemen sementara.

Yang menarik, Persib sudah mencetak 15 gol dengan jumlah kebobolan sebanyak 10 kali. Dari 15 gol yang diciptakan, ternyata hanya diciptakan oleh tiga pemain saja, yakni Ezechiel Ndouassel, Jonathan Bauman, dan In-Kyun Oh.

Ezechiel berada di posisi teratas dengan capaian sembilan gol. Sementara itu, dirinya juga jadi salah seorang top skor sementara Liga 1 bersama striker Mitra Kukar Ferdnando Rodrigues Ortega dengan koleksi gol yang sama.

Persib Bandung (Foto: Okezone/Oris Riswan)

Jonathan Bauman ada di urutan kedua pencetak gol Persib dengan pencapaian lima gol. Sedangkan In-Kyun Oh mengoleksi catatan satu gol yang diciptakan melalui tendangan bebas ke gawang Mitra Kukar.

BACA JUGA: Lupakan Kekalahan, Persib Fokus Raih Poin di Kandang PSMS

Pencapaian Persib saat ini, terutama dalam urusan mencetak gol, menjadi catatan tersendiri. Sebab, tidak ada satu pun pemain lokal Persib yang bisa menjebol gawang lawan. Akan tetapi, hal itu bisa dimaklumi, karena striker lokal Persib lebih banyak duduk di bangku cadangan ketimbang bermain.

Persib Bandung (Foto: Okezone/Oris Riswan)

Airlangga Sutjipto misalnya, ia tercatat baru tiga kali bermain dengan rincian dua kali jadi pemain pengganti dan sekali jadi pemain utama, di mana total dia mengoleksi 110 menit bermain. sementara itu, mantan striker Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 Muchlis Hadi Ning juga jarang mendapat kesempatan bermain. Dia tercatat baru dua kali bermain, yaitu melawan PS TIRA dan Sriwijaya FC, itu pun sebagai pemain pengganti dan hanya bermain selama 12 menit.

Selain striker, Persib sebenarnya memiliki para pemain sayap yang punya naluri mencetak gol. Mereka adalah Febri Hariyadi dan Ghozali Siregar dan ada juga nama Billy Keraf serta Atep.

Akan tetapi, skema permainan pelatih Persib, Mario Gomez, cenderung lebih memberikan peran kepada pemain sayap untuk menjadi pengumpan. Alhasil, mereka jarang melakukan tusukan hingga ke kotak penalti dan melepas sepakan langsung ke arah gawang.

Sementara pemain lokal berposisi gelandang serang juga jarang mendapat menit bermain. Eka Ramdani misalnya, yang baru bermain enam kali dengan separuhnya sebagai pemain pengganti. Potensi gelandang serang bernaluri mencetak gol sebenarnya ada pada diri Gian Zola, namun pemain muda itu juga tak punya kesempatan bermain banyak. Dia baru sekali bermain musim ini, itu pun sebagai pemain pengganti di laga kontra Bhayangkara FC.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini