nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Faktor yang Buat Emery Berpeluang Jadi Pelatih Arsenal ketimbang Arteta

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 22 Mei 2018 10:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 22 45 1901130 faktor-yang-buat-emery-berpeluang-jadi-pelatih-arsenal-ketimbang-arteta-KYo21RQyVi.jpg Emery calon pelatih Arsenal. (Foto: AFP/Charly Triballeau)

LONDON – Mantan penyerang Tim Nasional (Timnas) Skotlandia, Charlie Nicolas, mendukung keputusan Arsenal yang lebih memilih Unai Emery sebagai pelatih ketimbang Mikel Arteta. Dalam pandangan Nicholas, mental Emery lebih tertempa ketimbang Arteta. Karena itu Nicholas menilai, Emery memiliki peluang untuk membawa Arsenal kembali ke masa kejayaan.

Secara pengalaman di bidang kepelatihan, Emery memang lebih unggul ketimbang Arteta. Juru taktik berusia 46 tahun itu sudah bekerja sebagai pelatih kepala sejak 2005. Bahkan terhitung sejak 2013, Emery total memberikan 10 trofi bagi klub yang ditangani.

Unai Emery

(Foto: REUTERS)

Sebanyak tiga trofi diberikan kepada Sevilla, sedangkan tujuh lainnya disumbangkan untuk Paris Saint-Germain (PSG). Tekanan selama menangani Les Parisiens –julukan PSG– itulah yang membuat Nicholas percaya diri Emery dapat mengantarkan Arsenal kembali ke persaingan papan atas Liga Inggris.

BACA JUGA: Legenda Man United Dukung Penunjukan Emery sebagai Pelatih Arsenal

Selama dua musim (2016-2018) menangani PSG, Emery memang dituntut menghadirkan gelar juara bagi PSG. Akan tetapi, beban itu tak dijadikan masalah bagi Emery. Terbukti pelatih berpaspor Spanyol itu mampu memberikan tujuh trofi bagi publik Stade Parc des Princes.

Sementara itu, hal berbeda dialami Arteta. Semenjak memutuskan pensiun sebagai pemain pada 2016, Arteta hanya bertugas sebagai asisten Josep Guardiola di Manchester City. Karena itu, Arteta dinilai tak memiliki cukup pengalaman untuk menangani klub sebesar Arsenal.

Mikel Arteta

“Pengalaman Emery mungkin akan membantu Arsenal. Kemampuan alamiah Emery membuatnya dapat mengeluarkan keputusan besar. Emery adalah sosok yang mengerti akan situasi tekanan. Di PSG ia meraih trofi domestik yang dalam praktiknya mendapatkan tekanan besar untuk meraih gelar juara,” kata Nicholas mengutip dari Sportsmole, Selasa (22/5/2018).

(Ram)

Berita Terkait

Liga Inggris 2017-2018

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini