nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arteta Segera Diumumkan sebagai Pelatih Arsenal

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 21 Mei 2018 12:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 21 45 1900701 arteta-segera-diumumkan-sebagai-pelatih-arsenal-CL9IdoI0nX.jpg Arteta segera jadi pelatih Arsenal. (Foto: AFP/Leon Neal)

LONDON – Siapa pelatih Arsenal musim depan mulai menemui titik terang. Seperti diberitakan Goal, Senin (21/5/2018), dalam beberapa hari ke depan manajemen The Gunners –julukan Arsenal– akan mengumumkan bahwa Mikel Arteta bakal melanjutkan kerja Arsene Wenger sebagai pelatih utama Arsenal.

Setelah The Professor –julukan Wenger– memastikan meninggalkan Arsenal akhir musim ini, banyak nama berseliweran soal siapa yang cocok menjadi suksesor juru taktik berpaspor Prancis itu. Nama-nama seperti Carlo Ancelotti, Massimiliano Allegri, Thierry Henry dan Brendan Rodgers muncul ke permukaan.

Pesta Gol ke Gawang Burnley Jadi Penutup Kebersamaan Wenger Bersama Arsenal

Akan tetapi, nama-nama di atas diyakni takkan dipilih manajemen Arsenal. Mereka sudah mengerucutkan kandidat ke dua nama yakni Arteta dan Unai Emery. Meski begitu, ada alasan mengapa Arteta pada akhirnya lebih diunggulkan ketimbang Emery

BACA JUGA: Gallas Ragukan Kualitas Arteta untuk Jadi Suksesor Wenger di Arsenal

Selain tahu kultur Arsenal, Arteta dinilai memiliki pemahaman taktik yang cukup brilian. Karena itu, pelatih Manchester City Josep Guardiola tak ragu untuk memekerjakan Arteta sebagai asistennya terhitung sejak musim 2016-2017.

Nilai plus lain ialah, Arteta sudah memiliki waktu dua musim untuk berguru dengan pelatih sekaliber Guardiola. Karena itu, tak ada alasan bagi Arsenal untuk tidak memilih Arteta ketimbang Emery yang bisa dibilang tak terlalu sukses semasa menangani Paris Saint-Germain (PSG) dalam kurun 2016-2018.

Dalam periode tersebut, Emery memang memberikan tujuh trofi (semuanya diraih di ajang domestik) bagi publik Parc des Princes. Akan tetapi, hal itu tidak terlalu mengejutkan karena sebelum dipegang Emery pun, PSG sudah berbicara banyak di kompetisi domestik.

Unai Emery

(Foto: AFP/Franck Fife)

BACA JUGA: 5 Pembelian Arsenal pada Musim Panas 2018, Nomor 3 Penakluk Juventus

Emery gagal membawa Les Parisiens –julukan PSG– berjaya di Liga Champions. Selama dua musim menangani PSG, Emery hanya meloloskan klub asuhannya hingga 16 besar. Padahal sebelum ditangani Emery, PSG minimal menembus babak perempatfinal pada tiga musim sebelumnya.

Satu hal yang pasti, siapa pun pelatih Arsenal nantinya, diharapkan dapat membawa klub yang bermarkas di Stadion Emirates itu kembali ke trek positif. Sekadar diketahui, dalam dua musim terakhir di Liga Inggris, Arsenal selalu gagal finis di empat besar. Alhasil, Aaron Ramsey dan kawan-kawan pun gagal mentas di Liga Champions dalam dua musim terakhir.

1
2

Berita Terkait

Liga Inggris 2017-2018

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini