nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Courtois Petik Banyak Pelajaran dari Buffon dan Schwarzer

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 23:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 18 45 1900049 courtois-petik-banyak-pelajaran-dari-buffon-dan-schwarzer-3Cfu9E4syL.jpg Thibaut Courtois (Foto: AFP)

LONDON – Penjaga gawang Chelsea, Thibaut Courtois, merupakan salah satu penjaga gawang yang paling potensial di dunia saat ini. Aksinya mengawal gawang Chelsea dan sebelumnya, Atletico Madrid, membuatnya kini menjadi banyak rebutan klub-klub elite dunia, termasuk salah satunya Real Madrid.

Kendati demikian, Courtois mengaku kalau dirinya mendapat banyak pelajaran dari penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon, dan eks Chelsea, Mark Schwarzer. Courtois mengaku kagum dengan kedua sosok penjaga gawang tersebut, yang mana dapat terus eksis di atas lapangan, meski sudah menginjak usia 40 tahun.

(Baca juga: Fabregas Sebut Trofi Piala FA 2017-2018 Dapat Bayar Kegagalan Chelsea)

Thibaut Courtois

Courtois sendiri sebenarnya saat ini masih berusia 26 tahun. Ia sadar bahwa ia tak akan selamanya menjadi seorang pesepakbola. Namun demikian, penjaga gawang asal Belgia itu menginginkan agar bisa memiliki karier yang panjang layaknya Buffon dan Schwarzer. Ia menargetkan setidaknya masih akan tetap eksis menjadi penjaga gawang hingga usia 36 atau 37 tahun.

Diakui oleh Courtois bahwa Buffon masih tetap tampil gemilang di usia 40 tahun adalah karena pola latihan yang dilakukan penjaga gawang berkebangsaan Italia itu. Meski Buffon menurutnya sedikit berlatih di atas lapangan, namun Super Gigi –julukan Buffon- tetap menjaga otot-ototnya tetap kuat.

“Semua orang tahu seberapa banyak dan seberapa keras kami berlatih. Jika saya berharap untuk meneruskan menjadi penjaga gawang hingga 36 atau 37 tahun, maka Anda harus berpikir soal bagaimana saya berlatih. Untuk Buffon, saya dengar dia sedikit berlatih di atas lapangan dan dia lebih fokus menjaga otot-ototnya tetap kuat,” terang Courtois, menyadur dari Goal, Jumat (18/5/2018).

Gianluigi Buffon

“Ketika saya melihat bagaimana Mark Schwarzer, di usia 41 tahun, masih memungkinkan berlatih di sini, maka Anda melihat pada apa yang mungkin. Itu merupakan hal-hal yang saya ambil,” lanjutnya.

“Mungkin ada saat-saat tertentu, di mana saya mungkin sedikit lebih ringan pada hal-hal tertentu. Kemudian Anda berpikir: ‘Tidak, saya harus berbuat lebih banyak.’ Jika saya mengalami sedikit masalah cedera atau cedera hamstring, maka saya pikir saya mungkin perlu melakukan lebih banyak stretching atau melakukan lebih banyak latihan pencegahan,” jelas Courtois.

“Saya kira itu sangat penting dalam sepakbola dan itu mungkin kebiasaan yang kurang dihargai dalam olahraga kami (sepakbola) di masa lalu,” tandasnya.

1
2

Berita Terkait

Chelsea 2017-2018

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini