Image

Guardiola: David Silva Adalah Perpaduan Xavi dan Iniesta

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 01:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 17 45 1899620 guardiola-david-silva-adalah-perpaduan-xavi-dan-iniesta-P0A6KUJ58O.jpg David Silva (Foto: AFP)

MANCHESTER – Salah satu pemain yang berjasa besar dalam mengantarkan Manchester City meraih kejayaannya di Liga Inggris musim 2017-2018 adalah gelandang mereka, David Silva. Bahkan, Pelatih Man City, Josep Guardiola, tak ragu menyebut anak asuhnya tersebut sebagai perpaduan dari dua legenda Barcelona, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Di musim ini, mungkin banyak orang yang akan lebih menaruh perhatian kepada gelandang Man City lainnya, Kevin De Bruyne, lantaran perannya yang luar biasa di kubu The Citizens. Namun begitu, Guardiola tidak menghilangkan bahwa peran David Silva pun tak kalah pentingnya, yang mana dengan kehadirannya, De Bruyne bisa menjadi lebih nyaman menyetir permainan Man City.

(Baca juga: Iniesta Akui Dapat Tawaran dari Guardiola untuk Lanjutkan Karier di Man City)

Josep Guardiola dan David Silva

Guardiola tentunya bukan tanpa alasan menyandingkan David Silva dengan Iniesta dan Xavi. Seperti diketahui, sebelumnya pelatih asal Spanyol itu merupakan juru taktik Barca, yang menangani langsung Iniesta dan Xavi, serta membawa Blaugrana meraih masa-masa kejayaannya, baik itu di Spanyol maupun kompetisi Eropa.

Menurut Guardiola, kesuksesan yang diraihnya musim ini bersama Man City tak lepas dari peran vital gelandang tengahnya. Hal yang sama pun diakuinya terjadi kala ia menangani Barca, di mana posisi gelandang tengah berperan sangat penting dalam menyuplai bola ke lini depan sehingga bisa meraih kemenangan demi kemenangan yang pada akhirnya membawa kejayaan.

“Jika kami memiliki begitu banyak kesuksesan di sini (Man City) dan di Barcelona, itu karena gelandang tengahnya. Xavi adalah pemain dengan kontrol yang luar biasa dan dinamis, dia tidak bisa kehilangan bola. Dia bisa mengontrol ritme permainan, membaca secara sempurna ketika melakukan akselerasi,” ujar Guardiola, menukil dari Goal, Jumat (18/5/2018).

Xavi Hernandez dan Andres Iniesta

“Andres pun sama, namun selalu mengubah kecepatannya. Dan David Silva adalah perpaduan dari keduanya. David juga memahami kapan harus mengontrol dan kapan harus melakukan akselerasi,” lanjut Guardiola.

Di musim kompetisi 2017-2018, David Silva menyumbang 10 gol dan 13 assist bagi Man City di semua kompetisi. Gelandang 32 tahun itu juga masuk ke dalam nominasi PFA Player of The Year 2018 (Pemain Terbaik Liga Inggris 2018) bersama dengan De Bruyne dan juga bintang Liverpool, Mohamed Salah.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini