Image

5 Kandidat Suksesor Conte di Chelsea, Nomor 2 Eks Pelatih Liverpool

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 19:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 16 45 1899136 5-kandidat-suksesor-conte-di-chelsea-nomor-2-eks-pelatih-liverpool-6zcrljoWLK.jpg Manajer Chelsea, Antonio Conte (Foto: AFP)

GELARAN kejuaraan Liga Inggis 2017-2018 telah resmi berakhir, di mana Chelsea hanya mampu finis di peringkat kelima klasemen akhir dengan raihan 70 poin, terpaut lima angka dari Liverpool yang menempati posisi keempat. Dengan hasil tersebut, dapat dipastikan bahwa klub berjuluk The Blues itu tak akan ikut serta dalam ajang Liga Champions 2018-2019.

Musim ini dapat dikatakan menjadi musim yang buruk bagi Chelsea, setelah pada musim lalu mereka menjadi juara Liga Inggris. Tak ayal, nasib Pelatih Chelsea, Antonio Conte, pun kini berada di ujung tanduk. Seperti diketahui, pemilik Chelsea, Roman Abramovich, bukanlah tipikal orang yang menoleransi kegagalan.

Meski pada musim lalu Conte membuat Chelsea bangkit, namun terbuka kemungkinan yang besar bagi pelatih asal Italia itu terdepak dari jabatannya. Kini, terdapat beberapa nama yang telah berseliweran di berbagai media terkait pelatih yang bakal menukangi Chelsea musim depan. Berikut adalah lima kandidat suksesor Conte di Chelsea.

5. Diego Simeone

Diego Simeone

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, merupakan salah satu pelatih yang dikabarkan bakal menjadi suksesor Antonio Conte. Maklum saja, secara kualitas, Simeone adalah pelatih yang cukup diperhitungkan. Bagaimana tidak, ia mampu membawa Atletico menjadi juara Liga Spanyol 2013-2014. Hal itu tentunya capaian luar biasa, di mana ia mampu merusak dominasi Real Madrid dan Barcelona.

Tidak hanya itu, Simeone juga mampu membawa Atketico berbicara banyak di Eropa. Ia mengantarkan Atletico menembus final Liga Champions sebanyak dua kali (2014 dan 2016) serta satu kali menjuatai Liga Eropa (2012).

Kendati demikian, terdapat permasalahan jika Chelsea ingin mendatangkan Simeone, mengingat sang pelatih memiliki loyalitas yang tinggi terhadap Simeone. Saat ini, Simeone masih memiliki kontrak di Atletico hingga 2020. Terlebih lagi, Simeone merupakan pelatih yang menganut sistem 4-4-2. Hal itu berbeda dengan Chelsea, yang saat ini diisi oleh pemain yang kerap mengandalkan serangan balik a la Conte.

4. Massimiliano Allegri

Max Allegri

Mungkin banyak yang mengira kalau kesuksesan yang diperoleh Massimiliano Allegri selama menangani Juventus hanyalah keberuntungan lantaran meneruskan skuad yang telah dibangun oleh Antonio Conte. Namun, pada kenyataannya Allegri justru menorehkan prestasi yang lebih cemerlang daripada Conte.

Allegri merupakan satu-satunya pelatih yang mampu membawa sebuah klub, dalam hal ini Juventus, menjadi juara Liga Italia dan Coppa Italia sebanyak empat kali secara beruntun. Catatan tersebut tentunya lebih baik dari Conte, lantaran selama menangani Juve Conte tak pernah mengantarkan La Vecchia Signora menjadi juara Coppa Italia.

Terlebih lagi, di kancah Eropa pun prestasi Allegri terbilang memuaskan. Allenatore asal Italia itu mengantarkan Juve dua kali tampil di final Liga Champions (2015 dan 2017). Allegri merupakan salah satu pelatih yang saat ini banyak diperebutkan oleh sejumlah tim. Selain Chelsea, Arsenal juga dikabarkan tertarik pada Allegri setelah mereka kehilangan Arsene Wenger.

3. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane

Tak salah bila mengatakan kalau Zinedine Zidane merupakan salah satu pelatih yang paling banyak meraih sukses bersama Real Madrid. Bagaimana tidak, sejak Januari 2016 ditunjuk sebagai pelatih utama Madrid, hingga saat ini Zidane telah mempersembahkan delapan trofi bagi Los Blancos, termasuk dua di antaranya gelar Liga Champions.

Kendati begitu, hasil yang didapat Zidane di musim ini tak begitu baik, mengingat Madrid gagal bersaing di Liga Spanyol dan gugur dalam gelaran Copa del Rey oleh Leganes. Karena hal tersebut, posisi Zidane sebagai pelatih utama pun terancam bakal hilang, apalagi jika Madrid gagal menjuarai Liga Champions.

Memanfaatkan situasi tersebut, Chelsea pun menaruh simpati yang cukup besar terhadap Zidane. Terlebih lagi, sejumlah pemain incaran Zidane merupakan penggawa Chelsea, seperti Eden Hazard dan Thibaut Courtois. Mendatangkan Zidane bisa berarti mencegah kepergian dua pemain itu.

2. Brendan Rodgers

 Brendan Rodgers

Nama lainnya yang masuk dalam kandidat suksesor Antonio Conte adalah Brendan Rodgers. Meski nama Rodgers tidak sebesar kandidat lainnya, namun pria asal Inggris itu patut diperhitungkan. Saat ini Rodgers menangani klub asal Skotlandia, Glasgow Celtic, sejak Mei 2016. Bersama Celtic, Rodgers sukses memenangkan empat trofi.

Selain catatan mansi tersebut, Rodgers juga merupakan mantan pelatih Liverpool, sejak 2012 hingga 2015. Prestasi terbaik pria 45 tahun itu kala menangani Liverpool adalah membawa The Reds menjadi runner-up Liga Inggris musim 2013-2014. Dapat dikatakan bahwa Rodgers adalah pelatih yang telah memahami dengan baik sepakbola Inggris. Apabila Chelsea mengincar kejayaan di Inggris, maka Rodgers bisa menjadi sosok yang tepat.

1. Luis Enrique

 Luis Enrique

Pelatih terakhir yang masuk ke dalam kandidat suksesor Antonio Conte di Chelsea adalah Luis Enrique. Seperti diketahui, dalam satu musim terakhir Enrique cuti dari dunia sepakbola. Kini, pelatih asal SPanyol itu dikabarkan telah siap untuk kembali menangani sebuah tim. Selain Chelsea, Arsenal juga menjadi klub yang dikabarkan tertarik mendapatkan jasa Enrique.

Dapat dikatakan Enrique merupakan satu dari sedikit pelatih top dunia yang saat ini tidak terikat kontrak bersama klub mana pun alias menganggur. Dengan kondisi tersebut, tentunya lebih mudah untuk mendatangkan Enrique ketimbang pelatih lainnya. Saat ini Enrique menjadi rebutan dari banyak klub, mengingat prestasinya yang mentereng selama menangani Barcelona.

1 / 6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini