nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Home United Hentikan Langkah Persija di Piala AFC 2018

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 21:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 15 51 1898753 home-united-hentikan-langkah-persija-di-afc-cup-2018-q9LMTwLLcL.jpg Kiper Persija Jakarta, Rizky Darmawan buat blunder saat hadapi Home United di leg II semifinal Piala AFC 2018. (Foto: Media Persija)

JAKARTA – Persija Jakarta gagal melaju ke final Zona Asean Piala AFC 2018 usai dikalahkan Home United pada leg II semifinal dengan agregat akhir 3-6, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (15/5/2018) malam WIB. Pada leg II tersebut, Persija harus dipermalukan di depan pendukungnya sendiri dengan skor akhir 1-3. Beberapa kali melakukan blunder dan buruknya penyelesaian akhir jadi faktor utama kekalahan Persija.

Babak pertama baru dimulai, sebenarnya Persija langsung berinisiatif untuk melakukan serangan. Mereka berniat langsung mengejar defisit satu gol yang cukup membuat Persija untuk lolos ke final Piala AFC 2018 zona Asia Tenggara.

Akan tetapi, bukannya mengejar defisit satu gol, malahan tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut harus tertinggal terlebih dahulu pada menit keenam. Gol tersebut terjadi ketika umpan silang pemain Home United yang ingin dihalau oleh kiper Persija, Rizky Darmawan, tidak dapat ditangkap sempurna. Alhasil, bola yang melambung tersebut langsung disundul oleh Shahril Ishak.

Tertinggal satu gol membuat tim tuan rumah semakin memperkuat daya serangan mereka. Persija pun akhirnya mendapatkan hadiah penalti, karena salah satu bek tengah Home United melanggar pemain Persija di dalam kotak penalti pada menit kesembilan. Marko Simic yang dipercaya mengeksekusi tendangan penalti itu pun sukses menyamakan kedudukan.

(Persija vs Home United. Foto: Antara)

Pertandingan di 15 menit pertama berlangsung sangat cepat dan terbuka. Home United pun kembali menambahkan pundi-pundi golnya melalui tendangan titik putih, tepatnya pada menit ke-12. Shahril Ishak yang dipercaya menendang tendangan penalti sempat gagal karena bola dapat ditepis oleh Darmawan. Akan tetapi, bola tepisan tersebut berada di depan gawang Persija. Tak ayal, Ishak pun langsung mengejar bola tersebut dan menendangannya dengan mudah ke arah gawang.

Tampaknya Persija memang dalam keadaan sial. Berniat untuk mengejar ketertinggalan, salah satu beknya, Jaimerson da Silva Xavier, malahan terkena kartu kuning keduanya sehingga harus keluar lapangan pada menit 37.

Dengan 10 pemain, Persija mulai kesusahan. Alhasil, Home United kembali mencetak gol ketiga mereka di menit ke-44. Kali ini giliran Song In-Young yang mencatatkan namanya di papan skor. Persija 1, Home United 3.

Dalam proses tersebut, ada pemain Persija yang terjatuh. Lantas banyak pemain Macan Kemayoran yang melancarkan protes keras. Daryono yang tampak sangat emosi itu pun terus melakukan protes. Dan wasit pun langsung mengeluarkan kartu merak ke kiper cadangan Persija tersebut.

Tak ada lagi yang tercipta hingga babak pertama berakhir. Di babak kedua, akan menjadi misi berat bagi Persija jika ingin lolos ke final Piala AFC 2018.

Babak Kedua:

Di paruh kedua pertandingan, Persija yang sedang mengejar ketertinggalan langsung melancarkan serangan ke lini pertahanan Home United. Akan tetapi, tim tamu kali bermain lebih bertahan ketimbang ketika bermain di babak kedua.

Home United mengubah strategi mereke menjadi lebih bertahan. Mereka pun lantas mengganti formasi mereka menjadu 5-4-1. Dengan lima pemain di lini pertahanan Home United, membuat tim tersebut semakin kuat di belakang.

(Persija vs Home United)

Persija pun memanfaatkan momentum tersebut untuk menguasai jalannya pertandingan dan perolehan bola. Meski begitu, kuatnya para pemain belakang Home United membuat Macan Kemayotan kesusahan untuk memasuki ke dalam kotak penalti.

Persija sebenarnya memiliki beberapa peluang, namun tidak terlalu berbahaya jika dibandingan peluang-peluang yang mereka buat di babak pertama. Babak kedua memang berjalan dengan tempo yang sangat lambat. Berbeda jauh dengan babak pertama yang sangat cepat karena kedua tim saling bermain terbuka.

Hingga wasit meniup peluit panjang pertanda bahwa pertandingan berakhir, tidak ada gol tercipta di babak kedua itu. Alhasil, langkah Persija di kompetisi Piala AFC 2018 pun harus terhenti oleh tim asal Singapura tersebut. Dan Home United pun berhak melaju ke final Piala AFC 2018.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini