nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiper Pengganti Persija yang Bikin Blunder Dibela sang Manajer

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 19:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 09 51 1896346 kiper-pengganti-persija-yang-bikin-blunder-dibela-sang-manajer-OcYIagaVlu.jpg Marko Simic saat berduel dengan kiper Home United. (Foto: Media Persija)

SINGAPURA – Manajer Persija Jakarta, Ardhi Tjahjoko, membela Rizky Darmawan yang membuat blunder saat timnya takluk 2-3 dari Home United di leg I semifinal AFC Cup 2018 zona Asia Tenggara (ASEAN), Selasa 8 Mei 2018 malam WIB. Ardhi menilai gol ketiga Home United yang dicetak Hafiz Nor tidak sepenuhnya salah Rizky.

Pada laga tersebut, pelatih Persija Stefano Cugurra Teco tak bisa memainkan sang penjaga gawang andalan, Andritany Ardhiyasa, karena mengalami cedera tulang pipi. Alhasil, Teco pun memainkan kiper cadangan, Rizky Darmawan sejak awal laga.

Ternyata, performa kiper berusia 22 tahun itu masih belum dapat mendekati level Andritany. Gol pertama Home United yang dicetak lewat gol bunuh diri Maman Abdurahman, dinilai wajar karena si kulit bulat melaju dengan cepat.

BACA JUGA: Penyebab Persija Takluk dari Home United

Akan tetapi, gol kedua Home United yang dikemas Song Ui-Young dinilai seharusnya dapat diantisipasi Rizky. Saat itu, tembakan gelandang berpaspor Korea Selatan itu tak terlalu kencang. Setelah tertinggal 0-2, Persija bangkit lewat dua gol yang dicetak Ramdani Lestaluhu pada menit 32 dan 49.

Home United vs Persija

(Ramdani Lestaluhu cetak dua gol Persija. Foto: Media Persija)

Setelah sanggup menyamakan kedudukan, petaka dialami Persija pada menit 79. Hafiz Nor yang tidak terkawal melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Akan tetapi, si kulit bulat sempat memantul ke tanah sehingga menyulitkan Rizky untuk mengantisipasi bola. Bola pun masuk dan membuat Home United mencetak gol ketiga, sekaligus memenangi pertandingan dengan skor 3-2.

“Mungkin Rizky hanya kurang jam terbang, maksudnya kurang kepercayaan jam bermain saja. Selain itu rumput sintetis tadi pantulan pastinya berbeda, sehingga ia kesulitan mengantisipasi,” kata Ardhi dalam keterangan pers yang diterima Okezone, Rabu (9/5/2018).

Lapangan sintetis disebut Ardhi juga jadi salah satu penyebab kekalahan Persija. Sebenarnya Persija sempat mengalahkan Tampines Rovers di stadion yang sama, namun efeknya buruk bagi pemain Persija.

BACA JUGA: Persija Takluk 2-3 di Kandang Home United

“Lapangan sintetis jadi kendala bagi kami dan hal itu sama seperti yang kami alami saat jumpa Tampines. Setelah pertandingan itu, kaki anak-anak sakit semua. Mudah-mudahan saat main di kandang kami bisa balas kekalahan ini,” lanjut Ardhi.

Home United vs Persija

(Sandi Sute saat berduel dengan pemain Home United. Foto: Media Persija)

Untuk lolos ke final AFC Cup 2018 zona ASEAN, Persija cukup menang 1-0 saat gantian menjamu Home United di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa 15 Mei 2018 malam WIB. Peluang menang terbuka lebar, mengingat Persija selalu meraih tiga poin dalam tiga laga kandang fase grup AFC Cup 2018.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini