nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Persija Takluk dari Home United

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 16:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 09 51 1896339 penyebab-persija-takluk-dari-home-united-fmdPXGnFuL.jpg Laga Home United vs Persija berlangsung sengit. (Foto: Media Persija)

SINGAPURA – Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco, mengungkapkan penyebab kekalahan timnya dari Home United dengan skor 2-3 di leg I semifinal AFC Cup 2018 zona Asia Tenggara (ASEAN), Selasa 8 Mei 2018 malam WIB. Teco menilai timnya kalah karena kebobolan di awal pertandingan, plus tidak terbiasa mentas di lapangan sintetis.

Sekadar diketahui, lapangan Stadion Jalan Besar beralaskan rumput sintetis. Hal itu membuat Marko Simic dan kawan-kawan kesulitan beradaptasi, mengingat mereka biasa mentas di rumput asli.

Skuad Persija sebenarnya sempat tampil di stadion yang sama saat mengalahkan Tampines Rovers pada fase grup. Akan tetapi, secara pengalaman mentas di lapangan tersebut, Persija masih kalah dari Home United.

BACA JUGA: Persija Takluk 2-3 di Kandang Home United

Pada pertandingan tersebut, Home United membuka keunggulan ketika laga belum genap berjalan dua menit. Saat itu, umpan silang Shahril Ishak gagal diantisipasi dengan sempurna oleh bek Persija, Maman Abdurahman. Saat itu, Maman yang bermaksud mengamankan bola justru menyundul si kulit bulat ke gawang Persija.

Home United vs Persija

(Rohit Chand saat berduel dengan pemain Home United. (Foto: Media Persija)

Ketika ingin bangkit, Persija kembali kebobolan tujuh menit berselang. Gelandang Home United Song Ui-Young mampu melewati tiga pemain Persija sebelum membobol gawang Rizky Darmawan. Meski begitu, Persija sempat bangkit lewat brace (dua gol) Ramdani Lestaluhu pada menit 32 dan 49.

Akan tetapi, pada menit 72 Home United kembali unggul lewat sepakan jarak jauh Hafiz Nor. Skor berubah 3-2 dan bertahan hingga wasit Mooud Bonyadifard meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

BACA JUGA: Jadwal Persija di Semifinal AFC Cup 2018 Zona ASEAN

“Home United memiliki semangat lebih usai mencetak gol pertama. Setelah tertinggal 0-2 di babak pertama, kami memiliki fokus dan konsentrasi sehingga kami mampu mencetak gol. Karena kami tidak terbiasa bermain di lapangan sintetis, kami kembali kebobolan hingga akhirnya kami kalah. Meski begitu, kami harus terima hasil ini,” kata Teco dalam keterangan pers yang diterima Okezone, Rabu (9/5/2018).

Home United vs Persija

(Ramdani Lestaluhu cetak dua gol Persija. Foto: Media Persija)

Meski kalah 2-3, Persija memiliki peluang besar untuk lolos ke partai puncak zona ASEAN. Sebab pada leg II Persija akan tampil di kandang sendiri yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa 15 Mei 2018. Persija memiliki catatan kandang impresif di AFC Cup 2018. Dari tiga laga fase grup, mereka selalu menang. Apalagi untuk melaju ke babak selanjutnya, Persija hanya butuh menang 1-0.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini