nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasil Undian Grup B Piala AFF 2018 Ingatkan Kembali dengan Gelaran AFF 2016

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 02 Mei 2018 20:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 02 51 1893772 hasil-undian-grup-b-piala-aff-2018-ingatkan-kembali-dengan-gelaran-aff-2016-m6iSiJR2KC.jpg Peresmian Piala AFF ditayangkan di RCTI. (Foto: Rivan Nasri Rachman/Okezone)

JAKARTA – Hasil undian Fase Grup Piala AFF 2018 telah sukses digelar di salah satu hotel kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (2/5/2018) sore WIB. Dalam undian tersebut, Tim Nasional (Timnas) Indonesia tergabung dengan grup B atau grup neraka yang berisikan tim-tim seperti Thailand, Filipina, Singapura, dan salah satu pemenang babak kualifikasi (Timor Leste/ Brunai Darusalam).

Apabila melihat tim-tim yang mengisi grup neraka tersebut, maka akan mengingatkan kembali dengan gelaran AFF 2016. Pasalnya, baik Timnas Indonesia, Thailand, Singapura, dan Filipina juga berada dalam satu grup yang sama di kejuaraan AFF 2016 tersebut.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia di Fase Grup Piala AFF 2018

(Hasil undian fase grup Piala AFF 2018. Foto: Andika Pratama/ Okezone)

Pada kejuaraan tersebut, Indonesia yang masih dilatih oleh Alfred Riedl itu harus bersusah payah agar dapat lolos ke babak semifinal. Tim Garuda Indonesia hanya mampu memenangkan satu pertandingan, sekali imbang, dan menelan satu kekalahan.

Pertandingan pertama Indonesia di kejuaraan AFF 2016 itu adalah melawan Thailand. Thailand yang digadang-gadang merupakan tim favorit juara di kompetisi tersebut memang tampil lebih superior ketimbang Indonesia. Alhasil, Indonesia pun takluk 2-4 dari tim berjuluk The War Elephants tersebut.

Sementara itu, pertandingan kedua Indonesia di ajang AFF 2016 belum juga memperlihatkan hasil maksimal. Meski begitu, para pemain Garuda sudah berusaha sebaik mungkin, hingga akhirnya meraih hasil imbang 2-2 kala bertemu tim tuan rumah, yakni Filipina.

Poin penting pun akhirnya diraih Indonesia saat menghadapi Singapura. Indonesia menang secara dramatis berkat gol penting yang dilesatkan Stefano Lilipaly pada lima menit pertandingan ingin berakhir. Berkat gol Lilipaly tersebut, Indonesia pun menang atas Singapura dengan skor akhir 2-1 dan berhak melaju ke semifinal.

Indonesia yang menghadapi Vietnam di semifinal AFF 2016 itu pun harus bersusah payah agar lolos ke final. Dalam dua leg yang dijalani tim Garuda itu, Indonesia terlebih dahulu meraih kemenangan tipis, yakni 2-1 di Stadion Pakansari. Lalu saat melakoni laga leg II, Indonesia mampu menahan imbang Vietnam dengan skor akhir 2-2.

Baca juga: Hasil Undian Fase Grup Piala AFF 2018

(Piala AFF 2018. Foto: Andika Pratama/ Okezone)

Dengan agregat 4-3, Indonesia pun berhak melaju ke final Piala AFF 2016 dan bertemu dengan Thailand. Di leg I pertandingan kontra Thailand, Indonesia tampil luar biasa hingga akhirnya menang 2-1. Akan tetapi, ketika melakoni laga leg II, Indonesia harus mengakui keperkasaan Thailand dan kalah 0-2. Indonesia secara agregat kalah, yakni 2-3. Maka Thailand lah yang keluar sebagai juara AFF 2016.

Diharapkan banyak pihak, meskipun grup tersebut sama persis dengan tim-tim yang mengisi grup di AFF 2016, namun semoga kejadian tersebut tidak kembali terulang di kompetisi AFF 2018. Diharapkan Indonesia akan menjadi juara di kompetisi terbesar di kawasan Asia Tenggara tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini