nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pembelian Terburuk Barcelona di Era Enrique, Nomor 1 dan 2 Paling Mahal

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 12:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 17 46 1887649 5-pembelian-terburuk-barcelona-di-era-enrique-nomor-1-dan-2-paling-mahal-zjcEqGGc1n.jpg Enrique saat menangani Barcelona. (Foto: REUTERS/Juan Medina)

LUIS Enrique memang hanya tiga musim menangani Barcelona (2014-2017), namun banyak trofi yang diberikan Lucho –sapaan akrab Enrique– untuk publik Estadio Camp Nou. Tercatat, Enrique memberikan sembilan trofi bagi Barcelona, termasuk satu gelar Liga Champions pada 2014-2015.

Akan tetapi, tak semua strategi dan kebijakan Enrique selama berada di Camp Nou berjalan mulus. Salah satunya ialah strategi transfer. Ada beberapa pemain yang didatangkan Enrique tampil melempem, dan gagal menunjukkan kepantasan membela klub sebesar Barcelona. Siapa saja mereka?

Berikut 5 pembelian terburuk Barcelona di era Enrique, mengutip dari Sportskeeda:

5. Aleix Vidal

(Foto: AFP)

Vidal didatangkan Barcelona dari Sevilla pada bursa transfer musim panas 2015 seharga 17 juta euro atau sekira Rp289 miliar. Akan tetapi karena Barcelona sempat dilarang mendatangkan pemain karena kasus pembelian pesepakbola di bawah umur, Vidal baru bisa mentas bareng Blaugrana –julukan Barcelona– di paruh kedua musim 2015-2016.

Fullback kanan berkepala plontos itu awalnya disiapkan Barcelona untuk menggantikan posisi Dani Alves yang hengkang ke Juventus pada musim panas 2016. Akan tetapi di musim 2016-2017, Enrique justru tidak memberikan pos fullback kanan kepada Vidal.

Kemudian di posisi itu, Enrique memercayakannya kepada Sergi Roberto yang memiliki posisi asli sebagai gelandang. Bahkan musim ini, Vidal hanya menjadi pilihan ketiga untuk mengisi fullback kanan di bawah Roberto dan juga Nelson Semedo.

4. Denis Suarez

(Foto: AFP/Josep Lago)

Ketika mendatangkan Suarez dari Villarreal pada bursa transfer musim panas 2016 seharga 3 juta euro (Rp51 miliar), Enrique menjanjikan tempat utama kepada gelandang berusia 24 tahun itu. Suarez diproyeksikan Enrique untuk menggantikan posisi Andres Iniesta yang kian menua.

Akan tetapi faktanya, Suarez justru jarang tampil melempem. Di sepanjang Liga Spanyol 2016-2017, Suarez hanya tampil 26 pertandingan. Bahkan 15 laga di antaranya dilalui Suarez dari bangku cadangan.

3. Lucas Digne

(Foto: AFP/Miguel Medina)

Digne didatangkan dari PSG pada bursa transfer musim panas 2016 seharga 16,5 juta euro atau sekira Rp281 miliar. Fullback berpaspor Prancis itu diplot untuk memberi persaingan kepada Jordi Alba.

Akan tetapi, Digne gagal menunjukkan kepantasannya sebagai pemain utama Barcelona. Ketika dipercaya tampil, Digne kerap membuat blunder. Akibatnya, fullback berusia 24 tahun itu sering dicadangkan. Ambil contoh di musim ini, Digne baru tampil di 10 pertandingan Liga Spanyol dan empat di antaranya dilalui dari bangku cadangan.

2. Paco Alcacer

(Foto: Facebook Barcelona)

Alcacer didatangkan Barcelona dari Valencia pada bursa transfer musim panas 2016 senilai 30 juta euro atau sekira Rp511 miliar. Eks penyerang Tim Nasional (Timnas) Spanyol itu digaet untuk menjadi pelapis dari Lionel Messi, Neymar Jr dan Luis Suarez.

Akan tetapi, Alcacer gagal menunjukkan ketajaman ketika dipercaya tampil. Bahkan catatan golnya terhitung minim selama hampir dua musim membela Barcelona. Dari 46 penampilan di semua kompetisi, penyerang berusia 24 tahun itu hanya mengemas 14 gol dan tujuh assist.

1. Andre Gomes

(Foto: AFP/Ander Gillenea)

Gomes bersinar bersama Valencia di musim 2015-2016. Selain itu, ia juga berperan besar saat membawa Tim Nasional (Timnas) Portugal menjuarai Piala Eropa 2016. Alhasil, Gomes diboyong ke Barcelona pada bursa transfer musim panas 2016 senilai 30 juta euro (Rp511 miliar).

Awalnya, Gomes diplot untuk memberi persaingan kepada Ivan Rakitic. Akan tetapi, Gomes tak mampu muncul sebagai otak serangan ketika diturunkan. Bahkan, jumlah gol maupun assist Gomes terhitung minim. Dari 77 pertandingan bersama Barcelona, Gomes hanya mengemas tiga gol dan empat assist.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini