Mental Kuat Kunci Utama Man City Juarai Liga Inggris 2017-2018

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 16 April 2018 19:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 16 45 1887389 mental-kuat-kunci-utama-man-city-juarai-liga-inggris-2017-2018-GpfGBY3Vrp.jpg Pep Guardiola (Foto: AFP/Ben Stansall)

MANCHESTER – Manchester City telah resmi dinobatkan sebagai juara Liga Inggris 2017-2018. Menurut sang juru taktik, Pep Guardiola, kunci utama Man City juarai Liga Inggris ialah mental yang kuat dalam tiap pertandingan yang dijalani.

Mantan pelatih Barcelona itu mengungkapkan bahwa penampilan apik pemain-pemainnya di lapangan terbentuk oleh mental baja yang ditanamkan oleh Guardiola. Mental seperti itu sangat dibutuhkan dalam sebuah tim besar. Tanpa adanya hal tersebut, penampilan suatu tim tidak akan konsisten tiap pekannya.

Patut diakui bahwa The Citizens –julukan Man City– telah menunjukkan ketangguhan mental yang mereka miliki dalam tiap pertandingan. Bagaimana tidak, Man City pada awal musim mampu mendulang tiga poin secara berturut-turut dalam 18 pertandingan.

BACA JUGA: Ambisi Manchester City Cetak Rekor Poin di Liga Inggris

Guardiola kembali menegaskan bahwa mental yang kuat memiliki peranan penting dalam persaingan menuju tangga juara dengan tim-tim besar lain. Hal itu dikarenakan tim-tim besar di Liga Inggris memiliki latar belakang sejarah yang kuat, sedangkan Man City harus diakui tidak memiliki sejarah besar di belakang mereka.

“Untuk meraih 18 kemenangan beruntun dibutuhkan mental yang kuat. Itu sangat penting untuk membangun klub ini. Manchester City tidak seperti United (Manchester United) atau Chelsea atau Arsenal. Layaknya yang Anda ketahui, tim-tim besar di Inggris memiliki sejarah besar yang mendukung mereka,” ungkap Guardiola, seperti yang diwartakan Goal, Senin (16/4/2018).

BACA JUGA: Man City Tak Pernah Mampu Pertahankan Gelar Juara Liga Inggris

Hadirnya trofi Liga Inggris musim 2017-2018 ke lemari juara Man City, membuat Manchester Biru total telah mengoleksi lima trofi juara. Luar biasanya, tiga trofi di antaranya didapatkan dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir. Prestasi yang patut dibanggakan untuk tim tanpa tradisi juara yang kuat, mampu melakukan hal tersebut. 

Peningkatan prestasi The Citizens dalam beberapa tahun terakhir tidak lepas dari royalnya sang pemilik klub, Sheikh Mansour, dalam membangun Man City. Sekarang ini, dengan dukungan finansial dan pemain-pemain berkualitas yang dimiliki bukan tidak mungkin Man City akan membuat sejarahnya sendiri sebagai salah satu tim terbaik di Liga Inggris atau pun Liga Champions.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini