Image

4 Rekor yang Telah Dicetak Mohamed Salah, Nomor 1 Paling Luar Biasa

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 16 April 2018 19:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 16 45 1887386 4-rekor-yang-telah-dicetak-mohamed-salah-nomor-1-paling-luar-biasa-9WlXDrH2bC.jpg Mohamed Salah (Foto: AFP)

SOSOK pemain bernama Mohamed Salah tentu bukan nama asing di sepakbola Eropa. Pemain milik Liverpool itu telah berada dalam bentuk permainan debut yang apik bersama The Reds –julukan Liverpool- pada musim ini. Sebuah capaian yang jauh melampaui harapan semua orang, termasuk dirinya sendiri.

Salah dikenal sebagai pemain berbahaya yang bisa bisa membungkam para lawannya melalui aksi gol-golnya. Keterampilan kaki kirinya yang mematikan menjadi salah satu andalan Liverpool untuk bisa meraih setiap kemenangan menghadapi lawan-lawannya. Terakhir ia menjadi kunci keberhasilan The Reds melangkah ke semifinal Liga Champions setelah mengalahkan Manchester City.

Sejumlah rekor pun telah dicatat pemain berusia 25 tahun itu dalam musim debutnya bersama Liverpool. Berikut empat catatan rekor yang telah dicetak Mohamed Salah hingga saat ini.  

4. Pemain Mesir dengan Gol Terbanyak di Liga Inggris

Salah tercatat telah menjadi pemain penting bagi Tim Nasional (Timnas) Mesir belakangan ini. Bahkan ia telah mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak Mesir yang tampil di Liga Inggris. Hingga saat ini, Salah berhasil mengumpulkan 30 gol, dengan unggul delapan gol dari rekan senegaranya yakni Mido.

Mantan pemain AS Roma itu telah merebut catatan rekor rekan senegaranya tersebut dengan relatif mudah. Jika Mido mampu mencetak 22 gol di Liga Inggris bersama empat tim berbeda. Maka, Salah hanya membutuhkan satu musim bersama satu tim yakni Liverpool.

3. Peraih Player of The Month Terbanyak dalam 1 Musim Kompetisi

Catatan rekor lainnya milik Salah adalah menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Inggris yang sukses memenangkan penghagraan bergengsi tersebut. Pemain asal Mesir itu berhasil memenangkan gelar player of the month sebanyak tiga kali yang didapat pada November 2017, Februari, dan Maret 2018.

Pencapaian ini sangat luar biasa bagi seorang pemain Liga Inggris, mengingat tidak ada yang menang tiga kali dalam satu musim meraih titel tersebut. Sekarang, Salah tengah berada dalam perjalanan untuk bisa mengalahkan rekor baru lainnya untuk menjadi player of the month terbanyak dalam kariernya di Liga Inggris. Rekor tersebut kali ini dipegang Harry Kane dan legenda Liverpool, Steven Gerrard yang mengoleksi enam gelar.

2. Gol dengan Kaki Kiri

Pemain yang memiliki kekuatan dengan kaki kiri adalah suatu hal yang langka dan membawa elemen berbeda untuk sebuah tim. Liga Inggris telah memunculkan beberapa pencetak gol dengan kaki kiri tetapi tidak ada yang mencetak gol lebih banyak dari Salah dalam satu musim.

Pemain berposisi penyerang tersebut memiliki 22 gol dengan menggunakan kaki kirinya. Sebelumnya rekor tersebut pernah dimiliki Robbie Fowleer yang telah mencetak 19 gol dengan kaki kiri untuk Liverpool pada musim 1994-1995. Di belakang Fowler ada mantan bintang Arsenal dan Man United yakni Robin van Persie, yang mencetak 18 dan 17 gol pada musim 2012-2013 serta 2011-2012.

1. Tertajam di Musim Perdana

Liverpool telah melihat beberapa pemain debutan yang sukses tampil membanggakan untuk The Reds. Sebelumnya mereka memiliki Fernando Torres yang sempat memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak di musim debut bersama Liverpool.

Pada musim pertamanya 2007-2008, pemain berpaspor Spanyol itu telah mencetak 33 gol dalam satu musim. Namun raihan itu kini telah dipecahkan Salah yang telah memiliki 39 gol bersama Liverpool. Kini ia masih menyisakan minimal tujuh pertandingan bersama Liverpool untuk memainkan pertandingan musim ini. Tentu ia masih bisa menambah gol untuk mempertajam rekornya.

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini