nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Guardiola Tahu Man City Akan Juara Liga Inggris sejak September 2017

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 16 April 2018 19:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 16 45 1887271 guardiola-tahu-man-city-akan-juara-liga-inggris-sejak-september-2017-fGR9EHSigG.jpg Pep Guardiola (Foto: AFP/Paul Ellis)

MANCHESTER  – Pelatih Manchester City, Pep Guardiola mengaku memiliki firasat bahwa tim asuhannya mampu menjadi kampiun Liga Inggris musim 2017-2018 sejak September 2017. Hal itu merujuk pada laga melawan Chelsea di Stamford Bridge, Rabu 30 September 2017, yang dimenangkan Man City dengan hasil akhir 1-0.

Menurut pelatih asal Spanyol itu, kemenangan atas tim asuhan Antonio Conte memberikan dampak besar bagi mental timnya. Kemenangan atas juara bertahan Liga Inggris itu dilihat sebagai tanda tim asuhannya mampu merengkuh gelar juara di akhri musim 2017-2018.

“Menang di Stamford Bridge memberikan kami perasaan itu, ‘OK, melawan juara bertahan, kami mampu bermain dengan baik dan menang,” ungkap Guardiola, seperti yang diwartakan Goal, Senin (16/4/2018).

BACA JUGA: Manchester City Resmi Juarai Liga Inggris 2017-2018

Pengamatan Guardiola itu terbukti tepat, ketika Liga Inggris masih menyisakan lima pertandingan lagi, Man City mampu menahbiskan diri sebagai kampiun Liga Inggris musim ini. The Citizens –julukan Man City–  resmi menjadi juara setelah rival sekota mereka, Manchester United, secara mengejutkan takluk 0-1 dari West Bromwich Albion (WBA) di Old Trafford, pada pekan ke-34, Minggu 15 April 2018.

Namun, secara umum Guardiola menekankan bahwa gelar juara ini hasil dari kerja keras dan konsistensi yang ditunjukan oleh pemain-pemain Man City. Kombinasi antara pemain muda dan pemain senior dinilai menjadi kunci bagi The Citizens pada musim ini.

BACA JUGA: Ambisi Manchester City Cetak Rekor Poin di Liga Inggris

“Akan tetapi, secara umum, kami sangatlah stabil. Dan OK, Sergio (Aguero) adalah seorang jenius, seorang pemain top yang berusia 30 tahun, tetapi pemain lain yang berusia muda seperti 20, 21 tahun juga tampil luar biasa. Jadi kami bisa jadi juara karena andil pemain muda juga,” tutur pelatih berusia 47 tahun tersebut.

Liga Inggris musim depan akan menjadi tantangan tersendiri bagi Guardiola. Pelatih asal Spanyol itu dituntut untuk mempertahankan gelar juara yang didapat Man City. Akan tetapi, niat Guardiola mungkin akan sedikit sulit melihat perkembangan luar biasa dari pesaing-pesaing lain seperti Man United, Liverpool, dan Tottenham Hotspur. Hal litu juga akan dipersulit sejarah Manchester Biru yang tak pernah mampu mempertahankan gelar juara Liga Inggris.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini