Image

Valverde: Saat Ini Fokus Saya untuk Memperbaiki Mental Pemain

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Minggu 15 April 2018 18:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 15 46 1886941 valverde-saat-ini-fokus-saya-untuk-memperbaiki-mental-pemain-5xV2W9PfMk.jpg Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde (Foto: Lluis Gene/AFP)

BARCELONA - Setelah gugur dari ajang Liga Champions akibat kalah agresifitas gol dari AS Roma, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, merasa senang dengan semangat yang ditunjukkan para pemainnya kala menjamu Valencia di Camp Nou pada Sabtu 14 April 2018 malam WIB. Pada pekan ke-32 Liga Spanyol tersebut, Barca mampu memenangi laga dengan skor akhir 2-1.

Dengan raihan tiga poin di kandang tersebut, Barca menjadi tim yang belum terkalahkan pada 39 pertandingan di Liga Spanyol. Kemenangan itu juga membuat Barca hanya membutuhkan tujuh poin untuk memenangkan gelar juara Liga Spanyol ketujuh mereka dalam 10 musim terakhir.

Saat ini tim berjuluk Blaugrana itu memimpin klasemen sementara Liga Spanyol 2017-2018. Tim besutan Valverde itu mengoleksi 82 poin dan kini hanya berbeda 14 poin dari Atletico Madrid yang bertengger di posisi dua klasemen sementara.

BACA JUGA: Suarez: Rekor Kemenangan Barcelona Tiada Arti dengan Kegagalan Liga Champions!

Usai pertandingan, Valverde mengatakan dirinya optimis bisa terus meraih kemenangan pada pertandingan-pertandingan Barca selanjutnya.

"Saya seorang yang optimis. Setelah kekalahan besar selalu ada masa sulit, tetapi yang terpenting adalah bagaimana Anda bereaksi, apa yang Anda lakukan di pertandingan berikutnya,” ujar Valverde dikutip dari Marca, Minggu (15/4/2018).

"Minggu ini kami sama sekali tidak memikirkan tentang rekor, sungguh. Kami tidak memberi arti penting untuk hal tersebut. Dengan penampilan kami sekarang, kami memang layak mendapatkanya,” sambung pelatih berpaspor Spanyol tersebut.

BACA JUGA: Valverde Sebut Barcelona Kehilangan Semangat sejak Ditumbangkan AS Roma

Pada laga tersebut Valverde sempat dikritik karena tidak membuat rotasi untuk timnya. Tetapi dirinya menilai keputusan yang diambil sudah tepat.

"Setiap pemain Barcelona memiliki kapasitas untuk mengambil tanggung jawab. Semua orang berada pada tingkat yang hebat dan itu bukan hari untuk beristirahat secara mental," kata Valverde.

Mantan pelatih Athletic Bilbao itu juga memuji penampilan gemilang penjaga gawang Blaugrana, Marc-Andre ter Stegen. Meski terjadi beberapa kesalahan pada lini belakang permainan Barcelona, tetapi ter Stegen melakukan tugasnya dengan sangat baik.

"Dia adalah penjaga gawang yang luar biasa. Tetapi saya menilai semua pemain sudah menunjukkan penampilan terbaik mereka. Semua pemain hebat, dia (ter Stegen) memang ada di sana untuk menghentikan lawan mencetak gol,” tutupnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini