Image

CONMEBOL Desak FIFA agar Piala Dunia 2022 Diikuti 48 Negara

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 13:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 13 51 1886194 conmebol-desak-fifa-agar-piala-dunia-2022-diikuti-48-negara-8Law3woHM5.jpg Trofi Piala Dunia (Foto: AFP/Ulises Ruiz)

LUQUE –Asosiasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) mendesak FIFA untuk membuat Piala Dunia 2022 di Qatar, diikuti oleh 48 negara. Sejatinya wacana peserta Piala Dunia menjadi 48 negera telah disetujui oleh FIFA, tetapi baru akan dilaksanakan pada Piala Dunia 2026 nanti.

Penambahan jumlah peserta Piala Dunia dari sebelumnya 32 negara menjadi 48 negara akan dilaksanakan pada Piala Dunia 2026. Piala Dunia 2026 rencananya akan dilaksanakan di Maroko atau kolaborasi dari tiga negara Amerika Utara yaitu, Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Namun, melihat dari besarnya dampak positif yang akan ditimbulkan dari penambahan jumlah peserta Piala Dunia, maka CONMEBOL mengirimkan surat terbuka kepada presiden FIFA Gianni Infantino. Surat terbuka itu berisikan usulan untuk mempercepat pelaksanaan rencana penambahan jumlah peserta pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

BACA JUGA: Sergio Ramos Sebut Spanyol Miliki Modal Baik Tampil di Piala Dunia 2018

Keputusan untuk membuat surat terbuka kepada Presiden FIFA itu dilakukan pada konferensi tahunan CONMEBOL di Buenos Aires, Argentina. Surat itu pun telah ditandatangani oleh Presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez. Dominguez mendukung penambahan jumlah peserta Piala Dunia 2022 di Qatar demi keadilan bagi Tim Nasional negara lain.

“Seperti yang kami yakni bahwa ini adalah kesempatan besar dan karena kita menginginkan keadilan (untuk Tim Nasional yang lain). Kami meminta Piala Dunia 2022 agar diikuti oleh 48 tim,” ungkap Presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez, seperti yang diwartakan, Sportsmole, Jumat (13/4/2018).

BACA JUGA: Riquelme Sebut Spanyol & Argentina Kandidat Kuat Juara Piala Dunia 2018

Banyaknya sisi positif yang hadir dari pertambahan jumlah peserta Piala Dunia memang menjadi alasan utama keinginan CONMEBOL untuk mempercepat pelaksanaan rencana tersebut. Dampak positif dari hal tersebut tentu saja berkaitan dengan peningkatan keuntungan finansial, penyebarluasan kebudayaan, dan peningkatan kehidupan sosial masyarakat tempat pelaksanaan Piala Dunia. Hal itu dikarenakan Piala Dunia bukan saja sebuah ajang olahraga, tetapi juga suatu acara yang berkaitan sosial, budaya, dan ekonomi.

Penambahan jumlah peserta juga tidak akan menambah beban fisik bagi pemain-pemain yang berlaga di dalamnya. Hal itu dikarenakan jumlah pertandingan yang akan dilakoni satu Timnas untuk menuju empat besar tetap sama yaitu tujuh pertandingan, dan tetap diselenggarakan dalam waktu satu bulan. Sementara itu, yang akan bertambah hanyalah jumlah pertandingan dalam ajang tersebut, dari sebelumnya berjumlah 64 pertandingan menjadi 80 pertandingan.

Riquelme Sebut Spanyol & Argentina Kandidat Kuat Juara Piala Dunia 2018

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini