Klopp Nilai Roma Tetap Berbahaya meski Tanpa Salah

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 14 April 2018 00:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 13 261 1886484 klopp-nilai-roma-tetap-berbahaya-meski-tanpa-salah-JNcAxVjg1K.jpg Para pemain AS Roma (Foto: AFP)

LIVERPOOL – Liverpool sempat disebutkan bakal menjalani laga mudah kala berhadapan dengan wakil Italia, AS Roma, di babak semifinal Liga Champions 2017-2018. Kendati begitu, Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, nyatanya memandang Roma sebagai tim yang tangguh lantaran telah membuktikan diri mampu melangkah jauh di ajang Liga Champions musim ini.

Awalnya, banyak yang menilai bahwa keberhasilan Roma menembus babak semifinal Liga Champions musim ini hanyalah kebetulan belaka. Namun demikian, jika melihat perjalanan Roma sejak babak penyisihan grup hingga perempatfinal dan menengok lawan-lawan yang dihadapinya, tim berjuluk Il Giallorossi itu terbukti telah sanggup melampaui berbagai ujian, dan bukan sekadar kebetulan.

(Baca juga: Hasil Undian Semifinal Liga Champions 2017-2018)

Pada babak penyisihan grup, Roma sukses melibas Chelsea dengan skor telak 3-0 di Olimpico. Bahkan, Roma juga yang menjadi penyebab tersingkirnya Atletico Madrid di ajang Liga Champions musim ini. Keperkasaan tim besutan Eusebio Di Francesco it uterus berlanjut hingga perempatfinal, di mana raksasa Spanyol, Barcelona yang kemudian menjadi korbannya.

Maka dari itu, Klopp enggan memandang sebelah mata Roma. Selama ini, banyak pihak yang menilai kalau tim asal Ibu Kota Italia itu telah melakukan blunder lantaran menjual Mohamed Salah kepada Liverpool pada bursa transfer musim panas 2017. Namun, dengan melihat kapasitas Roma kini, anggapan blunder tersebut seolah menjadi tak berarti.

“Saya menaiki tangga dan seseorang mengatakan kepada saya (Roma telah melewatinya) – saya benar-benar berpikir itu merupakan lelucon. Bukan berarti saya tidak menghormati Roma. Justru sebaliknya, mereka adalah tim yang fantastis. Mereka kehilangan Mo Salah dan mereka di semifinal, itu hal yang sangat besar,” ungkap Klopp, menukil dari Independent, Kamis (14/4/2018).

Lebih lanjut, Klopp menerangkan kalau ia sebenarnya tidak peduli siapa-siapa saja yang tersisa di Liga Champions. Pelatih berpaspor Jerman itu mengungkapkan kalau ia hanya fokus pada Liverpool dan akan berusaha sebaik mungkin membawa tim berjuluk The Reds itu memenangkan setiap pertandingan yang dijalaninya.

“Saya tidak peduli siapa yang berada di kompetisi. Kami berada di sini dan kami layak, dan saya benar-benar senang mengenai itu. Sejauh ini, kami bertarung untuk setiap kesempatan yang kami miliki – dan kemudian menggunakannya. Itulah apa yang kami akan lakukan,” pungkas Klopp.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini