nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kalahkan Mitra Kukar 2-0, Persib Cicipi Kemenangan Perdana di Liga 1

Oris Riswan, Jurnalis · Minggu 08 April 2018 20:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 08 49 1883848 kalahkan-mitra-kukar-2-0-persib-cicipi-kemenangan-perdana-di-liga-1-A0JuHo12ly.jpeg Persib Bandung vs Mitra Kukar (Foto: Okezone/Oris Riswan)

BANDUNG - Persib Bandung akhirnya mencicipi kemenangan perdana di Liga 1 2018 setelah mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (8/4/2018) malam.

Dua gol kemenangan Persib dicetak Jonathan Bauman dan In-Kyun Oh di babak kedua. Rasa haus kemenangan Bobotoh pun akhirnya terobati.

Jalannya pertandingan

Babak Pertama

Persib langsung berusaha mendominasi permainan sejak awal laga. Tapi, Mitra Kukar merespon dengan memberikan perlawanan sengit.

Kedua tim terlihat mengandalkan permainan cepat. Tumpuan serangan berasal dari sektor sayap masing-masing kedua tim.

Peluang pertama dimiliki Persib pada menit kelima melalui sundulan Ezechiel Ndouassel. Sial, bola melintas di atas gawang 'Naga Mekes'.

Peluang kedua lahir pada menit 14 dari sundulan Jonathan Bauman setelah memanfaatkan umpan silang. Dewi Fortuna belum berpihak. Bola berhasil ditangkap kiper Yoo Jae Hoon.

Mitra Kukar merespon. Satu peluang diciptakan pada menit 15 melalui tendangan Dedy Hartono dari luar kotak penalti. Sial, bola melebar jauh dari sasaran.

Menit 18, Ezechiel membuat lini belakang Mitra Kukar kerepotan. Upayanya pun berbuah tendangan sudut.

Tendangan sudut kemudian dieksekusi Sudpardi. In-Kyun Oh menyambutnya dengan tandukan. Tapi, bola melenceng tipis dari gawang Mitra Kukar.

Tensi pertandingan sendiri berlangsung cukup tinggi. Beberapa kali benturan keras antara pemain kedua tim terjadi. Bahkan, beberapa kali juga terlihat pemain kedua tim besitegang.

Menit 25, Persib mendapat peluang melalui tendangan sudut yang dieksekusi Ghozali Siregar. Bola yang meluncur ke kotak penalti kemudian menjadi bola liar yang disambar oleh Supardi Nasir. Nasib baik belum berpihak, bola tak mampu menembus sasaran.

Giliran Ghozali Siregar berani melakukan spekulasi pada menit 27. Setelah meliuk-liuk melewati pemain belakang Mitra Kukar, ia melepas sepakan keras dari luar kotak penalti. Lagi-lagi bola tak mampu menggetarkan gawang lawan karena melambung.

Menit 32, aksi individu In-Kyun Oh diakhiri dengan sepakan Supardi Nasir yang tinggal berhadapan dengan kiper. Sial masih menaungi Persib, bola mampu dihalau kiper Yoo Jae Hoon.

Persib terus mendominasi permainan. Giliran Ezechiel Ndouassel pamer aksi pada menit 34. Menerima umpan dari Dedi Kusnandar, Ezechiel yang lepas dari jebakan offside melepas tendangan. Tapi, bola hanya melintas di atas gawang Mitra Kukar.

'Naga Mekes' memiliki peluang pada menit 41 melalui tendangan bebas yang dieksekusi Anindito Wahyu. Bola bergerak terlalu lemah dan dengan mudah ditangkap kiper M Natshir.

Beberapa detik berselang, Ezechiel nyaris mencetak gol bagi Persib. Sayang, bola hasil sundulannya di kotak penalti membentur mistar gawang.

Tensi permainan semakin panas jelang akhir babak pertama. Pemain kedua tim berkali-kali bersitegang. Wasit juga dinilai tidak adil sehingga mendapat umpatan dari penonton.

Saat peluit ditiup, para pemain Persib menghampiri wasit Dwi Purba Adi Wicaksana. Tim pelatih juga menghampiri Dwi saat akan memasuki ke ruang ganti untuk melayangkan protes atas berbagai keputusan yang dinilai merugikan Persib.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Mitra Kukar mencoba mendominasi laga. Tapi, Persib tetap memeragakan permainan menyerang.

GOOLLL!!! Persib akhirnya memecah kebuntuan. Jonathan Bauman mampu menyontek bola di dalam kotak penalti pada menit 52. Berada dalam kemelut, Bauman sukses mencocor bola yang meluncur pelan ke gawang Mitra Kukar.

Gol itu disambut gegap-gempita di Stadion GBLA. Suasana bahkan menjadi semakin meriah. Hal itu pun membuat para pemain Persib terlihat makin semangat menambah keunggulan.

Menit 56, Persib harus kehilangan Bojan Malisic. Ia terlihat tersungkur di lapangan. Tak lama kemudian, darah terlihat berada di sekitar area hidung Bojan.

Posisinya kemudian digantikan pemain muda Indra Mustafa pada menit 58. Saat Bojan masuk ke ruang ganti dengan hidung berdarah, ia sempat terlihat memberi tepuk tangan pada rekan-rekannya agar tetap tampil semangat. Bobotoh yang melihat aksi Bojan pun memberi tepuk tangan sebagai tanda ucapan terima kasih.

GOOLLL!!! Persib sukses menggandakan skor menjadi 2-0 pada menit 60. Kali ini, sang pencetak gol adalah In-Kyun Oh. Gol diciptakan melalui eksekusi tendangan bebas yang tak mampu dihalau kiper Yoo Jae Hoon.

Tensi permainan semakin panas. Berkali-kali pemain kedua tim terlibat bentrokan keras di lapangan. Bahkan pada menit 65, pemain kedua tim terlibat kericuhan setelah salah seorang Bayu Pradana membuat salah seorang pemain Persib tersungkur di area gawang.

Beruntung keributan berhasil diredam. Sementara Bayu Pradana diganjar kartu kuning karena aksinya.

Mitra Kukar belum menyerah. Mereka memberikan perlawanan meski selalu dihadang oleh pertahanan Persib. Peluang emas didapat pada menit 76 melalui tandukan Mauricio Leal. Itu pun bola bergerak melenceng ke kiri gawang.

Peluang berikutnya didapatkan Bayu Pradana pada menit 79. Tendangan volinya dari luar kotak penalti mampu ditangkap kiper M Natshir.

Menit 83, giliran Fernando Ortega melepas sepakan keras di dalam kotak penalti. Sial, upayanya tidak berbuah hasil. Bola meluncur di atas gawang Persib.

Hingga akhir pertandingan, para pemain kedua tim tetap semangat memburu gol. Tapi, tak ada gol tambahan yang tecipta. Skor 2-0 untuk kemenangan Persib bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain:

Persib: M Natshir (GK), Ardi Idrus, Bojan Malisic (58' Indra Mustafa), M Sabillah, Henhen Herdiana, Supardi Nasir (C), Dedi Kusnandar, Ghozali Siregar, In-Kyun Oh, Ezechiel Ndouassel, Jonathan Bauman (80' Hariono)

Pelatih: Mario Gomez

Mitra Kukar: Yoo Jae Hoon (GK), Maricio Leal, Roni Rosadi, Saepuloh Maulana, Wiganda Pradika (81' Arif Suyono), Bayu Pradana (C), Dedy Hartono, Danny Guthrie, Anindito Wahyu (56' Septian David Maulana), Fernando Ortega, Hendra Bayauw (62' Rifan Nahumarury)

Pelatih: Rafael Berges

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini