Timnas Indonesia U-19 Kalah Telak dari Jepang, Bima Sakti: Mohon Bersabar

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 26 Maret 2018 00:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 26 51 1877741 timnas-indonesia-u-19-kalah-telak-dari-jepang-bima-sakti-mohon-bersabar-NVVgnfaIWA.jpg Timnas Indonesia U-19 (Foto: Antara)

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Bima Sakti, mengaku kecewa dengan hasil yang diraih anak asuhnya pada laga uji coba melawan Timnas Jepang U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Minggu 25 Maret 2018 malam WIB. Tim berjuluk Garuda Nusantara itu harus puas kalah telak dengan skor akhir 1-4.

Sempat bertahan dengan ketertinggalan 0-1 di babak pertama, akhirnya Egy Maulana Vikri diberondong tiga gol pada babak kedua. Beruntung menjelang akhir pertandingan, Timnas Indonesia U-19 mendapat gol hiburan setelah Aji Kusuma mencetak gol pertama pada menit 90+4.

Meski menelan kekalahan dengan cukup telak, Bima Sakti mengaku banyak mengambil positif dan melakukan evaluasi dari laga persahabatan tersebut. Pelatih berusia 42 tahun itu berharap skuadnya bisa mengambil banyak pelajaran untuk bekal mereka mengikuti kejuaraan Piala AFF dan Asia U-19.

Baca juga Timnas Indonesia U-19 Takluk 1-4 dari Jepang

“Dari segi hasil kami kecewa. Ini pelajaran berharga bagi kami. Semoga tiap pemain bisa mengambil hal positif di pertandingan,” ungkap Bima Sakti, dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, Senin (26/3/2018).

“Harapan itu yang kami tanamkan ke pemain. Bulan depan (Timnas Indonesia U-19) akan latihan lagi dan melakukan evaluasi,” tambahnya.

Selain itu Bima Sakti menambahkan bahwa ia menyadari hasil kekalahan ini tidak bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Maka dari itu, ia meminta waktu untuk bisa segera memoles tim yang baru saja ditinggalkan pelatih Indra Sjafri.

Pada laga tersebut, Bima Sakti juga mengaku melakukan banyak uji coba dengan merotas para pemain. Namun, memang rencana yang dilancarkan belum terealisasi dengan baik saat melawan tim kekuatan Asia seperti Jepang.

Baca juga Timnas Indonesia U-19 Kalah Telak 1-4, Nama Indra Sjafri Menggema di SUGBK

“Kami banyak planning untuk mencoba semua pemain. Iqbal biasa di sayap kami mainkan di tengah. Kami rotasi pemain. Tapi memang belum beralan seperti yang kami harapkan. Butuh waktu. Mohon sabar masyarakat Indonesia. Jepang memang bagus semua pemainnya,” lanjutnya.

Laga persahabatan ini dilakukan Indonesia jelang melakoni dua turnamen besar pada tahun ini yakni Piala AFF dan Asia U-19. Pada gelaran Piala AFF U-19, Indonesia akan menjadi tuan rumah paad 2-14 Juli 2018. Sementara Piala Asia U-19 juga akan dilangsugkan di Indonesia pada 18 Oktober – 4 November 2018.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini