Timnas Indonesia U-19 Takluk 1-4 dari Jepang

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 25 Maret 2018 20:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 25 51 1877708 timnas-indonesia-u-19-takluk-1-4-dari-jepang-ZVeoSCgBp7.jpg Pemain Timnas Indonesia U-19 dan Timnas Jepang U-19. (Foto: ANTARA)

JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 harus menelan kekalahan dari Timnas Jepang saat melakoni laga uji coba yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Minggu (25/3/2018) malam WIB. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 1-4 untuk kemenangan Jepang.

Pertandingan yang begitu ketat tersaji sejak awal hingga akhir pertandingan. Namun, Jepang berhasil mendominasi pertandingan. Hal tersebut terbukti dari keunggulan yang diraih Jepang pada laga tersebut.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Pertandingan dimulai dengan begitu ketat. Kedua tim terus berusaha menyerang pertahanan lawan sejak pertandingan dimulai. Hal tersebut mereka lakukan demi membuka keunggulan terlebih dahulu.

Pemain Timnas Jepang berhasil tampil dominan pada babak pertama ini. Mereka menguasai pertandingan dengan terus melancarkan serangan demi serangan ke gawang Indonesia. Beruntung, Aqil Savik berhasil menjaganya dengan baik.

Namun, usaha pemain Timnas Jepang akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-14. Mereka membuka keunggulan terlebih dahulu lewat gol Miyashiro Taisei yang dapat memanfaatkan dengan baik umpan dari Ando Mizuki. Skor pun berubah menjadi 0-1 untuk keunggulan Jepang.

Tak tinggal diam, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan berusaha menyerang balik gawang Jepang. Mereka berusaha membangun serangan sebaik mungkin agar bisa mengejar keunggulan Jepang pada babak pertama ini.

Namun, usaha mereka belum membuahkan hasil yang baik. Sebab, para pemain Jepang dengan sigap terus menghalau serangan yang dilancarkan tim lawan. Indonesia pun kehilangan beberapa kesempatan untuk mencetak gol.

Para pemain Timnas Jepang sendiri tak berhenti melancarkan serangan. Mereka terus berusaha menjebol pertahanan Indonesia lewat serangan ketat yang terus diberikan.

Pada menit ke-23, pemain Indonesia mendapat kesempatan untuk mengejar ketertinggalan. Namun, usaha Muhammad Luthfi Kamal Baharsya belum membuahkan hasil karena tendangan mereka masih melambung jauh di atas mistar gawang Jepang.

Menit ke-38, Jepang kembali melancarkan serangan. Umpan Kawai Ayumu dapat ditepis Savik dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Ito Hiroki. Namun, tembakannya ke gawang Indonesia masih dapat dihalau Kadek Raditya.

Indonesia kembali berusaha menjebol pertahanan Jepang. Kali ini, tendangan dilancarkan Hanis Saghara pada menit ke-40. Namun, tendangan keras Hanis belum membuahkan hasil karena masih melambung di atas gawang. Skor pun tetap bertahan 0-1 hingga babak pertama berakhir.

Babab Kedua:

Dominasi pemain Timnas Jepang masih terus berlanjut di babak kedua. Mereka sudah mengusai permainan sejak pertandingan di babak kedua dimulai. Serangan demi serangan terus dilancarkan para pemain Jepang.

Tak butuh waktu lama, tiga menit setelah pertandingan dimulai, Jepang sudah menjebol gawang Timnas Indonesia. Kali ini, gol dicetak oleh Kota Yamanda pada menit ke-48 lewat sepakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti. Skor pun berubah menjadi 0-2.

Satu menit kemudian, Jepang kembali membobol gawang Savik. Kali ini, tembakan keras dilancarkan Ando Mizuki dari luar kotak penalti. Gol Mizuki membuat Jepang semakin memantapkan keunggulannya dari Timnas Indonesia. Jepang kini memimpin 0-3.

Tak ingin dipermalukan di hadapan publik sendiri, Indonesia pun mencoba keluar dari tekanan dan melancarkan serangan balasan demi dapat mengejar ketertinggalannya. Beberapa peluang didapat oleh skuad Garuda Nusantara, di mana di antaranya melalui tendangan bebas. Sayang, peluang tersebut masih belum bisa dikonversi menjadi gol.

Alih-alih mencoba mencari gol pertamanya, Timnas Indonesia justru harus kembali kebobolan di menit ke-79. Kali ini Timnas Jepang melesakkan gol melalui titik putih dari kaki Ando, setelah sebelumnya pemain Indonesia melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Ando tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan membawa Jepang unggul dengan skor 0-4.

Di menit-menit akhir pertandingan, Indonesia masih belum menyerah untuk mencetak gol pertamanya. Terbukti, pada menit ke-94, Aji Kusuma berhasil mencetak gol pertama untuk Indonesia. Skor pun berubah menjadi 1-4. Tak ada gol tambahan hingga peluit berakhirnya pertandingan ditiupkan. Jepang pun keluar sebagai pemenang dalam pertandingan ini.

Timnas Indonesia U-19

Aqil Savik; Firza Andika, Kadek Raditya, Rachmat Irianto, Rifad Marasabessy; Syahrian Abimanyu, Luthfi Kamal; Feby Eka Putra, Egy Maulana, Saddil Ramdani; Hanis Saghara

Timnas Jepang U-19

Osako Keisuke; Hashioka Daiki, Ishihara Hirokazu, Kawai Ayumu, Kobayashi; Higashi Sunki, Ito Hiroki; Yamada Kota, Ando Mizuki, Miyashiro Taishei; Hori Kenta

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini