nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain Spanyol Terhebat yang Pernah Bela Liverpool, Nomor 2 Dijual ke Chelsea

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 23 Maret 2018 19:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 23 51 1877133 5-pemain-spanyol-terhebat-yang-pernah-bela-liverpool-nomor-2-dijual-ke-chelsea-yeTIIi4ftC.jpg Fernando Torres (Foto: AFP)

KEHADIRAN Pelatih Rafa Benitezs di Liverpool pada 2004 nampaknya membawa revolusi Spanyol di Anfield. Mulai dari staf hingga pemain, para penggawa dari negeri Matador itu terus berdatangan. Tetapi kedatangan para penggawa Spanyol nyataanya berhasil.

Benitez mampu membawa The Reds –julukan Liverpool- meraih beberapa gelar seperti Liga Champions, FA Community Shield, Piala FA dan Piala Super Eropa. Hal itu diraih tak lepas dari para pemain Spanyol di kubu Liverpool.

Namun pada 2010, Benitez memutuskan untuk meningglkan Anfield. Meski begitu, masih ada kecenderungan bagi Liverpool untuk membeli pemain berpaspor Spanyol dengan Alberto Moreno yang paling baru bergabung bersama The Reds

Berikut lima pemain Spanyol terhebat yang pernah membela Liverpool, dilansir dari Sportskeeda.

 5. Alvaro Arbeloa (2007-2009)

Bek sayap Spanyol ini mungkin tidak sepopuler pemain lain dalam daftar ini, tetapi produk akademi Real Madrid ini memiliki mantra yang hebat di Anfield. Melakukan penandatanganan dari Deportivo La Coruna pada 2007, Arbeloa dibawa untuk menggantikan Steve Finnan yang menua di klub tersebut.

Arbeola dengan cepat membuat karier yang baik ketika mampu menangani Lionel Messi dengan sangat baik saat menjalani laga perdananya melawan Barcelona di Liga Champions. Dia telah memainkan 66 pertandingan untuk Liverpool dan telah mencetak dua gol.

Pada 2009 ia pergi ke klub masa kecilnya yakni Madrid. Di sana Arbeloa telah memenangkan banyak trofi selama tujuh musim di Bernabeu.

4. Luis Garcia (2004-2007)

Garcia adalah pemain yang dibawa Benitez di bursa transfer pertama. Garcia adalah salah satu alasan utama mengapa Liverpool memenangkan Liga Champions pada 2004-2005. Dia mencetak enam gol di Liga Champions musim itu.

Namun dia gagal membuat kontribusi serupa di musim keduanya dan melewatkan banyak pertandingan karena terkena hukuman dan cedera. Dia menderita cedera ligamen serius yang The Reds mendatangkan pemain lain untuk menggantikannya. Dia telah membuat 122 penampilan di semua kompetisi untuk klub dan mencetak 31 gol.

Garcia kemudian berangkat ke Atletico Madrid pada 2007 dan menjalani musim singkat dengan klub lain di Spanyol, Yunani, Meksiko, India dan Australia. Pada 2016 ia memutuskan untuk gantung sepatu.

3. Pepe Reina (2005-2013)

Reina bisa dibilang sebagai salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Liverpool. Dia telah memainkan 285 pertandingan Liga Inggris untuk The Reds dan menjaga clean sheet tertinggi keempat dalam sejarah liga dengan 114 kali.

Dia bergabung dengan Liverpool dari Villarreal pada 2005 dan mengambil alih sebagai kiper utama pada musim debutnya. Dia mampu mencetak 21 clean sheet selama musim debutnya di klub dan juga memenangkan Golden Glove di Liga Inggris.

Reina kemudian meninggalkan Liverpool untuk Napoli dengan status pinjaman pada 2013 dan meninggalkan The Reds secara permanen pada 2014 untuk Bayern Munich. Namun, di Allianz Arena ia gagal memiliki penampilan yang mengesankan dan bergabung kembali ke Napoli pada satu tahun berikutnya.

2. Fernando Torres (2007-2010)

Torres adalah striker paling berbakat yang pernah bermain di Liga Inggris, ia juga termasuk salah satu pemain terbaik dunia selama di Anfield. Dia bergabung dengan Liverpool dari Atletico Madrid pada 2007 dan dengan cepat mampu mencetak gol di laga perdana.

Pada musim debutnya, Torres memiliki penampilan yang mengesankan dengan mencetak 24 gol. Dia berada di Anfield selama empat musim. Dari total penampilannya itu, ia telah mencetak 65 gol dalam 105 pertandingan. Torres juga tercatat sebagai pemain tercepat yang mampu mencetak 50 gol dan berhasil masuk sebagai Tim Terbaik Liga Inggris pada 2007-2008 dan 2008-2009.

Namun pada 2010, Torres memutuskan untuk hengkang ke Chelsea. Setelah berjuang empat tahu bersama Chelsea, kemudian ia dipinjamkan ke AC Milan dan bergabung kembali dengan klub pertamanya yakni Atletico. Hingga saat ini, Torres masih bermain untuk Atletico.

1. Xabi Alonso (2004-2009)

Salah satu pemain terbaik di Liga Inggris yang pernah ada, Alonso adalah nomor satu yang tidak perlu dipertanyakan dalam daftar ini. Didatangkan pada 2004 dari Real Sociedad, Alonso adalah salah satu dari banyak orang Spanyol yang ditandatangani Benitez.

Dia menjadi favorit fans dan terkenal dalam mencetak gol ketiga Liverpool dalam comeback The Reds di final Liga Champions 2004-2005 melawan AC Milan. Selain itu, ia dikenal karena visi yang sangat baik dan keterampilan passing serta memiliki kemitraan yang brilian bersama Steven Gerrard di lini tengah.

Alonso telah bermain sebanyak 219 kali untuk The Reds dan memenangkan Piala FA dan Piala Super Eropa selama berada di Liverpool. Penampilan briliannya menarik perhatian raksasa Spanyol, Real Madrid yang kemudian menandatangani kontrak pada 2009. Dia tinggal di Bernabeu selama enam tahun dan pindah ke Bayern pada 2014, klub di mana dia mengakhiri karier profesionalnya pada 2017.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini