nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain yang Bersinar Setelah Dipinjamkan ke Klub Lain, Nomor 1 Andalan Chelsea

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 16 Maret 2018 11:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 16 45 1873632 5-pemain-yang-bersinar-setelah-dipinjamkan-ke-klub-lain-nomor-1-andalan-chelsea-UbPkZn7UZZ.jpg Moses (kiri) saat coba menghadang Suarez. (Foto: REUTERS/Andrew Boyers)

TIDAK mudah untuk menjadi pesepakbola profesional. Mereka diwajibkan tampil di level tertinggi pada setiap pekannya. Akan tetapi tak mudah untuk tampil konsisten, meski hal itu (konsistensi) wajib dimiliki setiap pesepakbola di muka bumi ini. Jika tak mampu konsisten menampilkan performa terbaik, si pemain dapat dipinjamkan atau bahkan dijual ke klub lain.

Akan tetapi, peminjaman ke klub lain tak jarang merupakan momentum bagi si pemain untuk bangkit. Mereka jadi memiliki kesempatan untuk instrospeksi diri dan melihat apa yang kurang di dalam dirinya. Bahkan bisa dibilang ada banyak pesepakbola yang bersinar setelah dipinjamkan ke klub lain. Siapa saja mereka?

Berikut 5 pemain yang bersinar setelah dipinjamkan ke klub lain, mengutip dari Sportskeeda:

5. Wilfried Zaha (Crystal Palace)

(Foto: REUTERS/David Klein)

Zaha sempat disebut sebagai permata sepakbola Inggris. Karena itu pelatih Man United Sir Alex Ferguson, memboyong Zaha dari Crystal Palace pada bursa transfer musim dingin 2013. Meski begitu, Zaha baru benar-benar bergabung dengan Man United pada musim panas 2013 atau ketika Setan Merah sudah ditangani David Moyes.

Akan tetapi tekanan bermain di tim besar membuat Zaha tak dapat meningkatkan kemampuannya. Alhasil di sepanjang paruh pertama Liga Inggris 2013-2014, Zaha hanya tampil di dua pertandingan bersama Man United. Kemudian ia pun dipinjamkan ke Cardiff City untuk mengarungi paruh musim kedua Liga Inggris 2013-2014. Saat itu Zaha tampil di 12 pertandingan tanpa koleksi satu gol pun.

Pada musim panas 2014, Zaha dipinjamkan Man United ke Palace. Bersama The Eagles –julukan Palace– di Liga Inggris 2014-2015, Zaha tampil moncer. Dari 31 penampilan ia mengemas empat gol. Singkat kata, Zaha dibeli permanen oleh Palace pada 2015 dan hingga kini jadi pemain andalan tim asuhan Roy Hodgson tersebut. Musim ini bersama Palace, Zaha telah mengemas empat gol dan tiga assist dari 21 pertandingan.

4. Aaron Ramsey (Arsenal)

 (Foto: REUTERS)

Ramsey didatangkan Arsenal dari Cardiff City pada musim panas 2008. Saat itu usia Ramsey baru menginjak 18 tahun. Akan tetapi Ramsey yang digadang-gadang akan menjadi pesepakbola Wales nomor wahid mengikuti jejak Ryan Giggs, mengalami cedera parah pada meido 2009. Saat itu ia mendapatkan tekel keras dari bek sekaligus kapten Stoke City, Ryan Shawcross. Akibat cedera itu, Ramsey harus beristirahat hampir satu musim.

Setelah pulih dari cedera, Ramsey sempat dipinjamkan ke Nottingham Forrest dan Cardiff City. Baru pada musim dingin 2011, ia kembali membela Arsenal. Sekembalinya ke Arsenal, Ramsey menunjukkan kelasnya.

Saat ini ia muncul sebagai gelandang andalan Arsenal dan Timnas Wales. Jika tidak mengalami cedera ataupun akumulasi kartu, satu posisi selalu diberikan kepada gelandang berusia 27 tahun itu. Musim ini bersama Arsenal, Ramsey mengoleksi tujuh gol dan delapan assist dari 21 pertandingan.

3. Romelu Lukaku (Manchester United)

(Foto: AFP/Geoff Caddick)

Lukaku didatangkan Chelsea dari RSC Anderlecht pada musim panas 2011. Ia datang dengan modal koleksi 16 gol dari 37 penampilan di Liga Belgia 2010-2011. Akan tetapi pengalaman di Liga Belgia belum membuat Lukaku mampu menembus skuad utama Chelsea. Di sepanjang 2011-2012, Lukaku hanya tampil di delapan pertandingan tanpa mencetak satu gol pun. Sebenarnya hal itu tidak mengherankan, mengingat usia Lukaku saat itu baru 18 tahun.

Kemudian, Lukaku dipinjamkan Chelsea ke West Bromwich Albion (WBA) untuk mengarungi Liga Inggris 2012-2013. Bersama WBA, Lukaku tampil garang. Dari 35 penampilan, ia mengemas 17 gol, termasuk mencetak hattrick ke gawang Man United di pekan terakhir Liga Inggris 2012-2013.

Semusim kemudian, Lukaku dipinjamkan Chelsea ke Everton dan mampu mencetak 15 gol dari 31 penampilan. Singkat kata, Lukaku dipermanenkan Everton pada 2014, hingga akhirnya menjadi pemain Manchester United musim ini. Bersama Man United musim ini, Lukaku telah mencetak 24 gol dari 43 penampilan.

2. Jack Wilshere (Arsenal)

(Foto: AFP/Oli Scarff)

Wilshere sempat dipuji Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Saat Arsenal menghadapi Barcelona di Liga Champions, Xavi dan Iniesta mengaku sulit menghentikan pergerakan Wilshere. Akan tetapi setelah pujian itu, Wilshere sering dilanda cedera, terutama pada lututnya. Setelah sembuh dari cedera, Wilshere pun tak serta-merta mengisi posisi reguler di lini tengah Arsenal. Sebab ia harus bersaing dengan Granit Xhaka, Ramsey dan lain-lain.

Alhasil, Wilshere dipinjamkan ke Bournemouth di Liga Inggris 2016-2017. Tak disangka, Wilshere tampil konsisten bersama The Cherries –julukan Bournemouth– dan jarang terkena cedera. Saat itu Wilshere mengoleksi 27 penampilan. Hal itu pun membuat Arsenal kembali menarik Wilshere untuk membela mereka musim ini.

Musim ini, Wilshere pun dijadikan andalan oleh pelatih Arsenal, Arsene Wenger. Musim ini dari 32 penampilan, Wilshere mengemas dua gol dan lima assist.

1. Victor Moses (Chelsea)

(Foto: Andrew Couldridge/Reuters)

Moses didatangkan Chelsea dari Wigan Athletic pada musim panas 2012-2013. Pada Liga Inggris 2012-2013, Moses tampil di 23 pertandingan dengan koleksi satu gol. Akan tetapi selama tiga musim setelahnya, Moses selalu dipinjamkan ke tim lain. Sebut saja ke Liverpool pada 2013-2014, Stoke City (2014-2015) dan West Ham United (2015-2016).

Bisa dibilang kehadiran Conte di kursi pelatih Chelsea pada musim panas 2016 memberi berkah tersendiri bagi Moses. Ia dipanggil Conte untuk membela Chelsea di musim 2016-2017. Pesepakbola berpaspor Nigeria itu merupakan andalan Conte untuk mengisi posisi wing back kanan dalam pola 3-4-3. Moses pun berandil besar saat Chelsea menjuarai Liga Inggris 2016-2017. Hingga kini, pesepakbola berusia 25 tahun itu merupakan pemain andalan The Blues.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini