nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Persija Raih Kemenangan 1-0 atas Song Lam Nghe An

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 20:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 14 51 1872866 persija-raih-kemenangan-1-0-atas-song-lam-nghe-an-jCIpGTD9mK.jpg Persija Jakarta vs Song Lam Nghe An (Foto: Media Persija)

JAKARTA – Persija Jakarta sukses mendulang poin penuh saat menjamu Song Lam Nghe An dalam lanjutan babak penyisihan grup Piala AFC 2018. Meski Persija terus menggempur di sepanjang pertandingan, namun kubu Macan Kemayoran hanya bisa menang dengan skor tipis 1-0. Adalah Addison Alves yang mencatatkan namanya di papan skor pada pengujung dan menjadi pahlawan di laga ini.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Persija memulai laga dengan kepercayaan diri tinggi. Pasalnya, sejak wasit meniup tanda pertandingan dimulai, tim berjuluk Macan kemayoran itu langsung tampil menekan dengan menyerbu wilayah pertahanan Song Lam.

Terbukti, baru dua menit laga berjalan, kubu tuan rumah sudah mendapat hadiah tendangan bebas. Riko Simanjuntak pun maju sebagai eksekutor. Namun begitu, tendangan Riko masih terlalu keras dan tidak tepat sasaran.

Serangan Persija tak berhenti sampai di situ. Selama 10 menit pertama, skuad asuhan Stefano Teco Cugurra itu dapat dikatakan mengepung lini pertahanan Song Lam. Namun begitu, pertahanan disiplin tim tamu membuat serangan Persija belum membuahkan hasil. Di sisi lain, Song Lam tetap mencari celah untuk melancarkan serangan balik.

Memasuki menit ke-23, striker andalan Persija, Marko Simic, mencoba mencetak gol spektakuler dengan melakukan tendangan salto dari kotak penalti. Kendati demikian, upaya tersebut masih gagal untuk bisa dikonversi menjadi gol.

Pada menit ke-27, Simic kembali mengancam gawang Song Lam. Kali ini ia telah berada di jantung pertahanan Song Lam untuk menyambut umpan dari Ismed Sofyan. Sayangnya, striker asal Kroasia itu mendapatkan pengawalan yang ketat sehingga membuat sundulannya tidak mengarah dengan baik. Bola melambung melewati mistar gawang tim tamu.

Meski para pemain Persija terus menggempur pertahanan Song Lam, namun tim asal Vietnam itu tetap tidak terpancing dan masih fokus menggalang pertahanan. Alhasil, Persija hanya bisa menggempur saja tanpa mampu menelurkan gol karena serangan mereka selalu kandas.

Di menit 45+1, Persija sebenarnya mampu menyarangkan bola ke gawang Song Lam setelah Riko memanfaatkan kemelut di muka gawang. Namun, gol tersebut dianluir lantaran Simic sebelumnya telah berada dalam posisi off-side. Babak pertama pun usai dengan skor kacamata.

Babak Kedua:

Mengawali babak kedua, Song Lam mencoba menekan kubu tuan rumah dengan melancarkan serangan di lima menit pertama. Sayangnya, mereka kesulitan untuk bisa mendapatkan celah menjebol gawang Persija. Setelah itu, Persija lekas bangkit dan mencoba menemukan irama permainannya kembali.

Di menit ke-52, Ramdani Lestaluhu mendapat kesempatan merangsek ke wilayah pertahanan Song Lam. Namun karena diburu-buru melakukan tendangan, sepakannya menjadi tidak sempurna dan terlampau lemah sehingga dengan mudah diamankan oleh kiper Song Lam, Quang Dai.

Empat menit berselang, Persija kembali mendapatkan peluang emas. Berawal dari Simic yang kehilangan bola di dalam kotak penalti Song Lam, Rudy lekas maju menyambar si kulit bundar. Namun, karena diburu-buru, sambaran tersebut tak bisa tepat sasaran dan papan skor tak jadi berubah.

Persija masih terus menggempur pertahanan Long Nam. Bergabai upaya mereka lakukan demi bisa mencetak gol. Memasuki menit ke-76, Rudy kembali mendapat peluang untuk mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat bola umpan di dalam kotak penalti, Rudy lekas melakukan sepakan voli. Sayangnya, sepakan tersebut masih terlampau lemah sehingga mudah diantisipasi oleh Quang Dai.

Hadir sebagai pemain pengganti, Bambang Pamungkas langsung tancap gas menunjukkan aksinya. Para pemain Persija pun seolah mengerti dan memberi bola-bola atas kesukaan Bepe. Di menit ke-85, Bepe mendapatkan umpan lambung yang segera diteruskannya dengan sundulan. Namun, lagi-lagi upaya tersebut masih belum membuahkan hasil lantaran Quang Dai masih dapat menepisnya dan menghasilkan sepak pojok.

Di pengujung laga, tepatnya menit ke-89, Bepe kembali mendapat peluang emas. Umpan jauh Ismed dilanjutkan oleh Bepe dengan sepakan dari tepi kotak penalti. Sayangnya, dua kali Bepe menendang bola, dua kali juga tendangannya di blok.

Ketika pertandingan seolah akan berakhir dengan skor imbang tanpa gol, Addison Alves hadir sebagai pembeda. Mendapat umpan jauh akurat dari Rezaldi Hehanusa, Alves lekas menuntaskannya dengan sepakan voli kaki kanan dari tepi kotak penalti. Tak terbendung, bola meluncur deras ke dalam gawang Song Lam. Tak lama berselang, wasit meniup peluit panjang dan Persija menang dengan skor tipis 1-0.

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Andritany, Jaime Xavier, Maman, Ismed Sofyan, Rezaldi Hehanusa, Rohit Chand (Addison Alves 58’), Sandi, Rudy Widodo (Bambang Pamungkas 78’), Ramdani Lestaluhu (Ridwan 77’), Riko Simanjuntak, Marko Simic

Song Lam Nghe An: Quang Dai, Ngoc Duc (Xuan Manh 70’), The Nhat, Van Khanh, Dinh Hoang, Xuan Toan, Manh Dung, Phuc Tinh (Nguyen Phu 90’), The Chuong, Nguyen Viet Nguyen (Xuan Thang 80’), Ho Tuan Tai

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini