nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain dengan Klausul Lepas Terjangkau, Nomor 1 Andalan Barcelona

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 14:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 12 51 1871445 5-pemain-dengan-klausul-lepas-terjangkau-nomor-1-andalan-barcelona-dR0iNyQTDG.jpg Umtiti (kanan) saat berduel dengan Hazard. (Foto: REUTERS/David Klein)

KLAUSUL lepas merupakan sesuatu yang wajib diberikan sebuah klub kepada pemain yang baru saja mereka kontrak. Klausul itu merupakan pengikat, yang mana klub peminat harus menebus klausul tersebut jika ingin mendapatkan si pemain incaran.

Istilah klausul lepas banyak dibahas ketika Paris Saint-Germain (PSG) secara luar biasa bermanuver pada bursa transfer musim panas 2017. Mereka berani menebus klausul lepas Neymar Jr dari Barcelona yang mencapai 222 juta euro atau sekira Rp3,7 triliun. Jelas harga tersebut sangatlah tinggi. Namun siapa sangka, banyak pesepakbola lain yang memiliki klausul lepas lebih tinggi.

Winger Real Madrid, Marco Asensio saat ini memiliki klausul lepas 700 juta euro atau sekira Rp11,8 triliun. Nominal yang sama juga dimiliki megabintang Barcelona, Lionel Messi. Bahkan duo pengisi lini depan Madrid yakni Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema memiliki klausul lepas mencapai 1 miliar euro atau setara Rp16,9 triliun. Meski begitu, ada beberapa pesepakbola bertalenta yang memiliki klausul lepas terjangkau. Siapa saja mereka?

Berikut 5 pemain dengan klausul lepas yang terjangkau, mengutip dari Sportskeeda:

5. Timo Horn (5,4 juta Pounds – Rp103 miliar)

(Foto: AFP/Patrik Stollarz)

Horn merupakan salah satu kiper hebat yang dimiliki Tim Nasional (Timnas) Jerman. Kepiawaian kiper berusia 24 tahun itu dalam menjaga gawang tak usah diragukan lagi. Musim ini bersama FC Koln, mantan penjaga gawang andalan Timnas Jerman U-21 itu telah mencatatkan empat clean sheet.

Jika dirata-rata, Horn membuat 2,76 penyelamatan per pertandingan. Saat ini Horn memiliki kontrak hingga 30 Juni 2022 dan memiliki klasul lepas yang hanya 5,4 juta pounds atau sekira Rp103 miliar.

4. Dries Mertens (24 juta pounds – Rp458 miliar)

(Foto: Carlo Hermann/AFP)

Mertens memiliki posisi asli sebagai winger. Namun terhitung sejak musim lalu, pesepakbola berpaspor Belgia itu ditempatkan sebagai false nine atau penyerang bayangan. Ternyata, ditempatkan di posisi anyar mengerek jumlah golnya. Di Liga Italia 2016-2017, Mertens keluar sebagai runner-up top skor dengan koleksi 28 gol, hanya terpaut satu bola dari sang peraih capocannonieri (Edin Dzeko – AS Roma).

Ketajaman itu terus berlanjut musim ini. Dari 39 penampilan di semua kompetisi, Mertens telah mengemas 21 gol. Saat ini mantan pemain PSV itu terikat kontrak bersama Napoli hingga 30 Juni 2020 dan memiliki klausul lepas 24 juta pounds (Rp458 miliar).

3. Toby Alderweireld (25,4 juta pounds – Rp484 miliar)

(Foto: AFP/Oli Scarff)

Merupakan salah satu alasan kukuhnya pertahanan Tottenham Hotspur dalam tiga musim terakhir. Bek berpaspor Belgia itu mampu membentuk pertahanan tangguh, baik itu saat diduetkan dengan Eric Dier maupun Jan Vertonghen.

Saat ini Alderweireld diincar empat klub besar Eropa yakni Chelsea, Manchester United, Manchester City dan Real Madrid. Keempat klub itu pun tak perlu mengeluarkan uang besar. Sebab Aldeweireld yang terikat kontrak hingga 30 Juni 2019 hanya memiliki klausul lepas senilai 25,4 juta pounds (Rp484 miliar).

2. Kevin Strootman (45 juta Euro - Rp763 miliar)

(Foto: AFP/Miguel Medina)

Strootman bisa dibilang salah satu deep-lying playmaker terbaik di dunia saat ini. Namun akibat sering terkena cedera, kualitas gelandang berpaspor Belanda itu jadi tak terlihat secara maksimal. Karena itu jika sudah pulih 100% dari cedera, tak ada alasan bagi klub-klub besar Eropa untuk tidak mendaratkan gelandang berusia 28 tahun itu.

Saat ini, Strootman terikat kontrak dengan AS Roma hingga 30 Juni 2022. Bagi klub yang menginginkan jasa Strootman diwajibkan membayar 45 juta euro atau sekira Rp763 miliar.

1. Samuel Umtiti (60 juta euro – Rp1 triliun)

(Foto: REUTERS/Albert Gea)

Umtiti merupakan pemain belakang andalan Barcelona saat ini. Bersama Gerard Pique, bek berpaspor Prancis itu membuat Barcelona menjadi klub dengan pertahanan tertangguh di Liga Spanyol 2017-2018. Dari 28 pertandingan, gawang Barcelona hanya kemasukan 13 kali.

Saat ini Umtiti memiliki kontrak bersama Barcelona hingga 30 Juni 2021. Ia memiliki klausul lepas di angka 60 juta euro atau setara Rp1 triliun. Melihat harga yang masih masuk akal itu, duo klub Manchester yakni Man United dan Man City saling sikut untuk mendapatkan tanda tangan mantan pemain Olympique Lyon tersebut.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini