nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stadion Patriot Direnovasi agar Berkualitas Internasional Jelang Asian Games 2018

Djamhari, Jurnalis · Minggu 11 Maret 2018 10:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 11 51 1870920 stadion-patriot-direnovasi-agar-berkualitas-internasional-jelang-asian-games-2018-ReLy6lJuCs.jpg Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi sedang direnovasi (Foto: Antara)

BEKASI - Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi saat ini tengah direnovasi. Pasalnya, stadion tersebut ditunjuk menjadi satu dari lima stadion di Jawa Barat yang bakal menjadi venue pertandingan sepakbola pada pegelaran Asian games 2018 Agustus mendatang.

Perbaikan itu dimaksudkan untuk peningkatan stadion berdasarkan rekomendasi AFC, International Olympic Committee (IOC/Komite Olimpiade Internasional), Federation of International Football Association (FIFA), dan beberapa pihak lain. Sehingga nantinya Stadion Patriot layak digunakan untuk venue sepakbola Asian Games.

(Baca juga: Timnas Indonesia Akan Jalani Laga Uji Coba Hadapi Singapura)

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Bekasi, Tedi Hafni Tresnadi, mengatakan peningkatan stadion ini mengikuti rekomendasi sejumlah asosiasi dan organisasi olahraga Internasional agar dapat memenuhi syarat sebagai venue pertandingan sepakbola Asian Games 2018 mendatang.

“Sesuai Surat Perintah Kerja (SPK), kegiatan renovasi stadion ini selesai Juni 2018, atau dua bulan sebelum digunakan menggelar pertandingan sepakbola Asian Games pada Agustus nanti,” kata Tedi, Minggu (11/3/2018).

Menurutnya, anggaran dari pengerjaan proyek renovasi peningkatan stadion ini tidak dibebankan oleh Pemkot Bekasi. Namun, seluruhnya ditanggung pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Untuk jumlahnya kami tidak tahu tapi diprediksi mencapai puluhan miliar,” ujar Tedi.

Adapun spesifikasi peningkatan Stadion Patriot Candrabaga, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi masih terus dikerjakan oleh Ratusan pekerja di sejumlah bagian dari stadion yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Bekasi tersebut.

Di antara peningkatan itu, diakui Tedi, para pekerja telah mengganti rumput jenis bermuda dengan jenis Zoysia Matella lalu, lampu yang awalnya berdaya 1.600 lux ditingkatkan menjadi 2.000 lux. Selain itu, bangku pemain cadangan (bench) diganti dengan yang baru sesuai standar Asian Football Confederation (AFC/Konfederasi Sepak Bola Asia).

Tedi melanjutkan bahwa jumlah kamera pengawas (CCTV) juga ditambah dari 21 unit menjadi 60 unit. Tujuannya untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan selama pelaksanaan ajang Asian Games berlangsung. Selain itu, sistem drainase di sekitar lapangan juga dibenahi guna menghindari genangan saat hujan.

“Kami memprediksi, alasan pusat menunjuk Stadion Patriot Candrabaga sebagai salah satu venue, karena letaknya berdekatan dengan Ibu Kota DKI Jakarta. Selain itu, banyak tempat penginapan seperti hotel dan apartemen sebagai tempat istirahat tamu negara yang ikut dalam ajang ini di Kota Bekasi,” tandas Tedi.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini