nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Alasan Tim Inggris Bisa Juara Liga Champions Musim Ini, Nomor 2 Modal Utama

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 15:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 21 261 1862623 4-alasan-tim-inggris-bisa-juara-liga-champions-musim-ini-nomor-2-modal-utama-vghCJuVMPu.jpg Chelsea saat merayakan gol ke gawang Barcelona. (Foto: AFP/Ian Kington)

LIGA Inggris menjadi kompetisi yang paling banyak mengirimkan wakil ke Liga Champions 2017-2018 yakni lima tim. Mereka ialah Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City, Liverpool dan Manchester United. Inggris mengirimkan lima klub karena salah satu wakil mereka, yakni Man United mendapatkan privilege setelah menjuarai Liga Eropa 2016-2017.

Hebatnya, kelima klub itu tidak asal numpang lewat di Liga Champions musim ini. Kelima klub itu mampu melanjutkan kiprah mereka dengan melaju ke 16 besar. Bukan tak mungkin jika tampil konsisten, salah satu dari kelima itu klub akan mengangkat trofi si Kuping Besar, gelar yang terakhir kali mereka menangi pada 2011-2012.

Setidaknya ada 4 alasan mengapa klub asal Inggris bisa berjaya di Liga Champions musim ini. Apa saja itu?

Berikut 4 alasan tim Inggris bisa juara Liga Champions musim ini, mengutip dari Sportskeeda:

4. Fans

(Foto: AFP/Paul Ellis)

Fans-fans klub Inggris dikenal sangat fanatik. Mereka tak segan menyanyikan chant-chant sepanjang pertandingan untuk memberikan semangat kepada klub kesayangan mereka. Selain itu, seluruh stadion di Inggris memiliki desain stadion yang serupa, yakni jarak lapangan dengan tribun yang sangat dekat.

Hal itu membuat klub-klub Liga Inggris mendapatkan suntikan moral luar biasa dari para fans saat bermain di kandang. Apalagi stadion-stadion seperti Anfield (Liverpool) dan Old Trafford (Man United) kerap menyajikan atmosfer luar biasa.

3. Musim Pembuktian

(Foto: Adrian Dennis/AFP)

Klub-klub Liga Inggris yang mentas di Liga Champions musim ini ingin membuktikan bahwa mereka bisa sukses di kompetisi antarklub Eropa paling prestisius itu. Tottenham yang gagal lolos ke 16 besar Liga Champions musim lalu, menunjukkan geliat dengan mengalahkan Real Madrid di fase grup musim ini.

Josep Guardiola yang menangani Man City juga ingin menunjukkan bahwa dirinya tak hanya sukses di Barcelona. The Citizens –julukan Man City– menampilkan performa brilian sejak fase grup hingga yang terbaru di leg I 16 besar Liga Champions 2017-2018 dengan mengalahkan Basel 4-0.

Setelah itu, arsitek Chelsea Antonio Conte juga ingin meraih trofi Liga Champions pertama dalam statusnya sebagai pelatih. Sementara itu, Man United dan Liverpool ingin menunjukkan bahwa mereka merupakan andalan utama wakil Inggris di Liga Champions. Liverpool telah menyabet lima trofi Liga Champions, unggul dua gelar dari Man United.

2. Miliki Lini Serang Berbahaya

(Foto: Paul Ellis/AFP)

Liverpool mempunyai trio Sadio Mane, Roberto Firmino dan Mohamed Salah untuk mengisi tiga pos terdepan. Sementara itu Tottenham memiliki Dele Alli, Son Heung-min, dan Harry Kane, Chelsea (Eden Hazard, Willian Borges dan Pedro Rodriguez), Manchester United (Alexis Sanchez, Juan Mata dan Romelu Lukaku), serta Man City (Leroy Sane, Raheem Sterling dan Sergio Aguero).

Karena itu tak heran, tim-tim Inggris sering menang telak di Champions musim ini. Ambil contoh The Reds –julukan Liverpool. Tim asuhan Jurgen Klopp itu mengandaskan Maribor 6-0, Spartak Moskow (7-0) dan FC Porto (5-0).

1. Bentuk Permainan Terbaik

(Foto: AFP/Oli Scarff)

Dari lima wakil Inggris yang tampil di Liga Champions musim ini, empat di antaranya keluar sebagai juara grup. Hal itu membuktikan bahwa klub-klub Inggris tampil istimewa musim ini. Bahkan The Lilywhites –julukan Tottenham– keluar sebagai jura Grup H setelah mengungguli dua tim kuat, Madrid dan Borussia Dortmund.

Hasil yang diraih wakil Inggris di leg I 16 besar juga bisa dibilang positif. Liverpool mengalahkan Porto 5-0, Man City menghancurkan Basel 4-0, Tottenham menahan Juventus 2-2 di Allianz Stadium, sedangkan Chelsea hampir mengalahkan Barcelona setelah bermain 1-1. Sementara satu wakil lagi, Man United, baru memainkan pertandingan kontra Sevilla dini hari nanti.

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini