Image

5 Pemain Bintang yang Gagal Didatangkan Madrid, Nomor 2 Legenda Hidup Milan

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 19:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 12 51 1858534 5-pemain-bintang-yang-gagal-didatangkan-madrid-nomor-2-legenda-hidup-milan-BOICfJ8Xm1.jpg Paolo Maldini (Foto: AFP)

LEMBAR sejarah mencatat bahwa Real Madrid merupakan klub yang selalu dihuni oleh para pemain kelas dunia. Memiliki tradisi dan sejarah panjang sebagai klub besar, serta didukung oleh kondisi finansial yang luar biasa, tak ayal menjadikan Madrid sebagai klub yang selalu diperkuat oleh para pemain bintang di setiap era.

Bahkan, sebelum jagat sepakbola hanya dikuasai oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam satu dekade terakhir, Madrid dikenal sebagai klub yang kerap membeli para pemain yang meraih trofi Ballon d’Or. Sebut saja nama-nama seperti Zinedine Zidane, Ronaldo Luis Nazario de Lima, Ricardo Kaka, hingga Cristiano Ronaldo. Begitu pun dengan para pemain hebat lainnya yang bersinar di masanya masing-masing seperti David Beckham, Luis Figo, hingga Fabio Cannavaro.

Kendati demikian, nyatanya Madrid tak melulu selalu mendapatkan pemain incaran yang mereka inginkan. Tercatat, beberapa pemain yang memiliki status bintang namun enggan berlabuh di klub berjuluk Los Blancos itu.

Berikut adalah lima pemain yang tak jadi berseragam Real Madrid:

5. Francesco Totti

Bukan tanpa alasan bila Francesco Totti dijuluki sebagai The King of Rome. Pasalnya, pria kelahiran Roma itu benar-benar memiliki loyalitas yang luar biasa terhadap klub tanah kelahirannya, AS Roma. Sepanjang 25 tahun berkarier sebagai pesepakbola, Totti hanya memberikan servisnya kepada Roma dan Timnas Italia.

Pada masa keemasannya, Totti merupakan salah satu pemain yang banyak diincar oleh sejumlah klub top Eropa, termasuk di antaranya Real Madrid. Bahkan Los Blancos tidak hanya sekali mencoba memboyong Totti, meski pada akhirnya selalu berujung pada penolakan.

4. Paul Pogba

Tidak ada yang meragukan bahwa saat ini Paul Pogba merupakan salah satu gelandang sepakbola terbaik di dunia. Pada bursa transfer musim panas 2016, Real Madrid saat itu mencoba mendatangkan Pogba dari Juventus, namun sayang pada akhirnya sang gelandang justru merapat ke mantan klubnya, Manchester United.

Padahal sebelum Madrid mengajukan tawaran kepada Pogba di 2016, gelandang asal Prancis itu bisa saja merapat ke Los Blancos dengan mudah. Pada 2012, Pogba sempat ditawarkan ke Madrid karena menginginkan bermain di tim utama. Namun saat itu Madrid menolaknya karena mereka masih memiliki Xabi Alonso di sektor tengah. Terlebih lagi, Madrid juga bukan tempat yang tepat bagi pemain muda speerti Pogba kali itu untuk bersinar, mengingat persaingan di sana yang sangat ketat.

3. Neymar da Silva

Saat ini Real Madrid merupakan klub yang paling bernafsu untuk mendapatkan Neymar da Silva. Maklum saja, pasalnya Neymar merupakan salah satu pemain yang paling menjanjikan untuk menjadi tonggak kesuksesan sebuh tim dalam tahun-tahun mendatang. Bahkan. Kini Neymar telah merecoki dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Madrid sebenarnya sempat hampir mendapatkan Neymar di musim 2006, di mana striker Brasil itu ditawarkan bergabung dengan akademi Los Blancos. Namun saat itu Neymar menolak pinangan Madrid. Pada 2013, kejadian berlangsung sebaliknya, Neymar yang semula sudah melakukan tes medis di Madrid, justru dikabarkan mendapat penolakan oleh pihak klub untuk merekrutnya, hingga akhirnya Neymar pun memilih bergabung dengan Barcelona.

2. Paolo Maldini

Legenda hidup AC Milan, Paolo Maldini, merupakan salah satu pesepakbola yang terkenal dengan kesetiaannya. Selama 25 tahun berkarier sebagai pesepakbola, Maldini hanya membela satu klub saja, Milan. Namun, itu bukan karena Maldini tak mendapat tawaran dari klub lain, melainkan karena ia memang tak ingin hengkang dari Milan.

Seperti diketahui, Maldini merupakan salah satu bek sepakbola terbaik di dunia. Pada masa emasnya, Maldini banyak mendapat tawaran hengkang dari berbagai klub, seperti Chelsea, Arsenal, dan Manchester United. Namun, semua pinangan tersebut ditolak oleh Maldini.

Real Madrid juga salah satu yang berminat mendatangkan Maldini. Namun sayang Los Blancos baru mengajukan tawaran saat usia Maldini sudah menginjak 34 tahun. Tak ayal, hal tersebut ditolak oleh Maldini karena merasa kondisinya yang sudah tidak prima lagi untuk bermain di tim besar seperti Madrid.

1. Ronaldinho

Legenda hidup sepakbola Brasil, Ronaldinho, sejatinya pernah hampir bergabung dengan Real Madrid. Namun, Los Blancos kala itu menolak Ronaldinho dengan alasan yang paling konyol. Sebagai sebuah klub besar dan merupakan salah satu merek dagang terbaik di dunia, Madrid seolah ingin menunjukkan kepada dunia kalau mereka sempurna. Maka dari itu, Madrid menolak mendatangkan Ronaldinho karena dinilai terlalu jelek secara fisik.

Pada 2003, Madrid lebih memilih merekrut David Beckham dari Manchester United, yang kala itu mereka nilai dapat semakin meningkatkan daya jual mereka. Memang tidak dapat dimungkiri bahwa di atas lapangan pun Beckham luar biasa, namun tentunya mantan kapten Timnas Inggris itu masih belum berdiri sejajar dengan Ronaldinho.

Pasalnya, Ronaldinho, yang kemudian bergabung dengan Barcelona pada 2003, adalah satu-satunya pemain yang mampu membuat para pendukung klub rival juga menghormatinya. Hal tersebut terjadi pada El Clasico 2005 di Santeiago Bernabeu, di mana Ronaldinho menyumbang dua gol untuk membawa Barca menang 3-0. Kala itu, Ronaldinho mendapat tepuk tangan yang meriah dari para pendukung El Real karena penampilannya yang luar biasa di atas lapangan.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini